Waduh ! Sembilan Wilayah di Jawa Timur Didatangi KPK, Salah Satunya Kabupaten Lumajang

Foto : Suasana saat kunjungan, Edi Suryanto menyampaikan imbauan
775
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - Kabupaten Lumajang Jawa Timur, menjadi salah satu dari sembilan sasaran kunjungan Kepala Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Edi Suryanto, Kamis (23/9/2021).

Didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq, saat itu Edi Suryanto bersama tim, berkeliling ke lokasi pertambangan pasir di wilayah pesisir pantai selatan.

Kunjungannya ke Lumajang, diutarakan oleh Edi Suryanto dalam rangka monitoring dan evaluasi rutin dari Kooordinator dan Supervisi KPK dalam rangka tata kelola pemerintahan di daerah.

Menurutnya, pasir merupakan andalan dari Kabupaten Lumajang. Belum lagi kedepan ada 2 ( dua ) proyek besar. Ia akan mendorong dan meminta agar benar - benar ditata.

"Dijagain supaya pajaknya tidak hilang," kata Edi Suryanto.

Dua proyek dimaksud yaitu diantaranya pembangunan tol Probolinggo - Banyuwangi dan Bandara Kediri yang membutuhkan pasir dari Lumajang.

"Melihat potensi PAD yang besar dari itu, kami meminta agar hal ini dapat dimaksimalkan oleh Pemkab Lumajang," imbuhnya.

Dari hasil evaluasinya, Edi mengapresiasi langkah Pemkab Lumajang yang telah mempersiapkan segala mekanisme tata kelola pertambangan pasir di Lumajang.

"Sudah ada rencana dan inovasi dari Bupati. Ini merupakan terobosan yang bagus salah satunya Stockpile Pasir Terpadu ini luar biasa," lanjut Edi.

Sementara itu diwaktu yang sama, Bupati Lumajang Cak Thoriq menjelaskan, bahwa pemkab telah mempersiapkan tata kelola pertambangan pasir di wilayahnya. Mulai dari pertambangan, jalan tambang hingga mempersiapkan Stokpile Pasir Terpadu.

"Stokpile terpadu on progress berjalan kami juga meminta saran mekanisme perpajakan yang satu sistem dengan tata kelola stockpile terpadu," jelas bupati.

Bupati menambahkan, stokpile pasir terpadu direncanakan dapat dimulai dalam jangka waktu satu bulan ke depan.

"Semua jadi satu di stokpile pasir terpadu, mereka ( pemilik stockpile ) tinggal pindah saja, bukan untuk satu dua orang bukan untuk kelompok manapun, mereka yang sudah memiliki stokpile tinggal pindah saja," terang Bupati.

Penulis: Hermanto

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- Sejarah telah mencatat, agama Kristen berperan besar dalam pembentukan peradaban dunia Barat. Umat Kristen Protestan pun telah...

MEMOonline.co.id, Surabaya- Dalam perkembangan mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, otorita telah memberikan ultimatum kepada masyarakat...

MEMOonline.co.id, Kabupaten Bekasi- Rekapitulasi suara di Kabupaten Bekasi telah usai, PDIP dipastikan mengisi 8 kursi DPRD Kabupaten Bekasi setelah...

MEMOonline.co.id, Kabupaten Bekasi- Sebanyak 55 Caleg yang bertarung di Pemilu 2024 lalu potensial mendapatkan kursi DPRD Kabupaten...

Siapakah yang tidak kenal dengan Denny Januar Ali atau lebih populer dengan panggilan Denny JA. Apa yang menjadi menjadi sumber energi batin Denny JA...

Komentar