Satgas Pamtas Yonif 144/JY Berhasil Gagalkan Sejumlah Pelintas Batas Tanpa Dokumen dan Non Prosedural

Foto: Pemeriksaan kesehatan dan dokumen
385
ad

MEMOonline.co.id, Jakarta - Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY berhasil menggagalkan sebanyak 41 orang PMI/TKI asal Indonesia yang ingin bekerja ke Malaysia.

Pelintas batas antar negara tanpa dokumen resmi itu melewati jalur non prosedural di Desa Sebindang Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Mereka melewati jalur non prosedural dan berhasil digagalkan oleh anggota Satgas kami yang sedang melaksanakan patroli jalur tikus di perbatasan. Para PMI/TKI ini kami data serta dilakukan tes swab antigen dengan hasil negatif," ungkap Dansatgas Pamtas RI-Malaysia, Letkol. Inf. Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau, Rabu (15/9/2021).

Selanjutnya, jelas Dansatgas, untuk proses penanganan lebih lanjut PMI/TKI ilegal tersebut diserahkan ke pihak Kepolisian Badau dan Imigrasi setempat.

"Dikhawatirkan, para PMI/TKI ilegal ini merupakan korban perdagangan orang atau human trafficking yang telah ditunggu oleh oknum-oknum penyalur tenaga kerja untuk dipekerjakan secara ilegal pula," duganya.

Diceritakan sebelumnya, sebanyak 41 orang pelintas batas antar negara yang melewati jalan non prosedural dan tanpa dilengkapi dokumen resmi itu ditemukan dan berhasil digagalkan oleh Serka Jumali saat sedang melaksanakan patroli bersama beberapa personel Satgas lainnya. Mereka kemudian diarahkan ke Pos Koki Mentari untuk didata dan diamankan.

Lalu, Komandan SSK 1 Lettu. Inf. Rio untuk selanjutnya mendata dan memeriksa kelengkapan dokumen dan kesehatannya serta diberikan pemahaman agar tidak keluar masuk antar negara melalui jalur non prosedural.

Penulis: Dispenad/Bambang

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Surakarta  - Pertarungan Madura United FC versus Persiraja Banda Aceh di pekan ke-9 kompetisi BRI Liga 1...

MEMOonline.co.id, Lumajang  - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad 1443 Hijriah,...

p>MEMOonline.co.id, Jember  - Pemerintah desa lampeji bersama tim vaksinasi Puskesmas...

MEMOonline.co.id, Bekasi  - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan akan melantik H. Akhmad Marjuki, SE,...

MEMOonline.co.id, Lumajang  - Forkopimda Lumajang menggelar apel kontijensi bencana alam di GOR Wira Bhakti Kecamatan /...

Komentar