Pejabat dan Unsur Penyelenggara Negara tak Terlepas dari Kekuatan Oligarki

Foto: Alex Yudawan, SH
271
ad

                      Oleh: Alex Yudawan, SH

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Demokrasi adalah spirit atau semangat dari negeri ini, demokrasi akan memberi peluang kepada nobody menjadi somebody, karakternya equality persamaan dan toleransi ini menjadi salah satu peluang bagi oligarki.

Dasar pertimbangan untuk memilih seorang pejabat pemerintah adalah dengan mengevaluasi kinerja dengan pertimbangan prestasi kerja, loyal, bertanggung jawab, memahami visi misi tugas pokok serta fungsi organisasi, disipilin dengan kualitas pendidikan yang memadai dan untuk kepangkatan dan golongan harus sesuai dengan peraturan perundangan-undangan, dimana nantinya akan terpilih seorang pejabat yang mampu menjalankan roda pemerintahan, sehingga mampu meningkatkan produktifitas kerja dan kinerja organisasi pemerintahan.

Sedangkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) adalah wakil rakyat, secara politik mereka bukanlah pejabat, melainkan pelayanan rakyat, eksistensinya wakil rakyat karena ada rakyat, oleh karena itu hubungan wakil rakyat dengan rakyat sejatinya adalah hubungan politik, dimana rakyat memberikan kekuasaan dan wakil rakyat yang melaksanakan kekuasaan itu.

Dewan Perwakilan Rakyat memiliki tiga fungsi, yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan, yaitu mempunyai kewenangan untuk mengontrol pelaksanaan kinerja pemerintah dan mereka adalah perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, yang diatur didalam undang-undang Republik Indonesia tahun 1945 pada pasal 18 ayat 3, serta undang-undang Republik Indonesia nomor 17 tahun 2014.

Mereka dimantapkan posisinya dari kontroling membuat sebuah regulasi, hingga kerjasama dengan pemerintah demi memperjuangkan aspirasi rakyat.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya, mereka harus memberikan waktu khusus kepada masyarakat untuk menyerap aspirasinya dan memperjuangkan aspirasinya dengan mengedepankan kepentingan rakyat.

Pimpinan adalah suatu individu yang diberi amanah oleh masyarakat untuk memimpin mereka, dengan kata lain, bahwa seorang pemimpin mereka, dengan kata lain bahwa seorang pemimpin harus mampu menjalankan amanah, berlaku adil, berani, tegas, tidak dipengaruhi siapapun, bertanggung jawab atas jabatan yang diembannya, tidak boleh bertindak sembarangan, sopan, berwibawa, ramah, sehingga nantinya akan terjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat yang dipimpinnya.

Hal tersebut di atas, akan berbanding terbalik dan tidak sesuai dengan harapan masyarakat ketika oligarki mulai mengendalikan, menggerogoti kekuasaan, mereka akan mengatur, mengkondisikan situasi politik.

Oligarki semakin dominan, ketika para aktor super kaya terlibat dalam politik mempertahankan dan memperbesar kekayaan, dimana sistem politik dikuasai oleh segelintir orang yang mengatur pemerintah dan mengontrol konsentrasi eksekutif maupun legislatif, serta sumberdaya finansial untuk meningkatkan, mempertahankan kekayaan.

Maka ketika institusi lemah akan membuka peluang dan kesempatan dengan mengatur, mengendalikan, membajak kepala pemerintahan, juga menciptakan parlemen yang lemah, tidak mampu menjalankan tugas dan fungsinya, sehingga akan mempengaruhi proses kebijakan didalam pengawasan, anggaran dan legislasi.

Catatan Redaksi: Penulis adalah Ketua Yayasan Ujung Aspal Jawa Timur.

Pengirim: Risma

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang - Satresnarkoba Polres Lumajang terus berupaya maksimal memangkas peredaran sabu di...

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Guna meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19, juga untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme...

MEMOonline.co.id, Sampang - Forum Gardu Demokrasi (FGD) Kabupaten Sampang menyoroti hakim dan jaksa satu kota (Yurisdiksi), yaitu sama - sama...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Kabupaten Bekasi sebagai salah satu daerah penyumbang angka kasus tertinggi harian Covid-19 di Provinsi Jawa Barat memang...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi berhasil meraih penghargaan Reformasi Birokrasi...

Komentar