"> "> "> ">

Kelompok Tani "Rahayu" Desa Samatan Pamekasan Resmi Melaunching Dan MoU Kemitraan Bersama PT. Golay Tani Indonesia

Foto: Slamet Ariyadi Komisi IV DPR-RI Saat Dikandang Sapi "Rahayu" Bersama Kades Samatan
797
ad

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Kelompok tani "Rahayu" Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur resmi melaunching dan MoU Kemitraan bersama PT. Golay Tani Indonesia. Jumat (02/04/2021).

Acara launching dan MoU tersebut di gelar langsung dilokasi kandang ternak kelompok tani "Rahayu" desa Samatan dan dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR-RI dapil Madura, Slamet Ariyadi.

Dalam sambutan singkatnya, Kades Samatan, Mohammad Tamyis mengatakan bahwa, dirinya bertekat untuk merubah mindset peternak sapi di Pamekasan dengan pola sistem ternak yang lebih menjanjikan.

"Melalui kelompok tani "Rahayu" ini kami mencoba merubah minsed peternak kita yang dulunya ternak sapi hanya sebagai tabungan, akan tetapi dengan pola kami ini peternak bisa jadi pembisnis daging sapi", ucapnya.

Langkah Mohammad tamyis untuk lebih meyakinkan para peternak sapi yaitu dengan menjalin beberapa kemitraan. Salah satunya dengan PT. Golay tani Indonesia.

"Jadi peternak sapi tidak usah kuatir dengan pemasarannya nanti, karena hari ini kita sudah resmi kerjasama dengan PT. Golay Tani Indonesia, dan kedepan perusaan ini siap membeli hasil ternak sapi kita", tegasnya.

Sementara dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan melalui Indah selaku Kabid pembibitan, pakan dan produksi peternakan merespon positif langkah yang diambil Kades Samatan.

"Kami bangga Desa Samatan sudah bisa menunjukkan sebagai desa tematik, tentu Kami sangat mengapresiasi trobosan baru ini, apalagi langkah Kades Samatan untuk marketing pemasarannya sudah bermitra dengan pihak dari luar Kabupaten Pamekasan", tuturnya.

Indah juga berharap Kelompok tani Rahayu bisa mengembangkan usaha bukan hanya sebagai kelompok tani, akan tetapi Koperatif, Koorperatif dan kedepan bisa jauh lebih besar.

"Kami siap mensupport pembinaan-pembinaan tekhnik, perbank kan juga ada akses, dan bapak dari DPR RI juga akses regulasi dibantu dan seterusnya, jadi banyak yang akan mendukung upaya-upaya untuk kesejahteraan peternak di Kabupaten Pamekasan", tambahnya.

Selanjutnya, Anggota Komisi IV DPR RI dapil Madura, Slamet Ariyadi mendukung sepenuhnya supaya Desa Samatan menjadi role model dalam menjaga stabilisasi populasi sapi Madura.

"Berkaitan dengan adanya regulasi yang berpihak pada petani dan khususnya peternak dalam rangka menjaga ketahanan populasi sapi Madura, kami siap mendukung dan siap menyampaikan", paparnya.

Slamet berharap, adanya generasi yang tumbuh dari petani milenial dan peternak milenial yang mampu menghidupkan gairah.

"Bagaimana cara, untuk mengembangkan populasi sapi Madura ini juga diminati oleh masyarakat khususnya peternak milenial dan petani milenial itu, dan ini sebaiknya kita dukung", harapnya.

Sementara ketua Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Pamekasan, H. Muhammad Muksin merespon positif atas langkah yang dilakukan kades Samatan.

"Ini terobosan baru yang perlu ditiru oleh Lurah atau Kades yang lain, selain melestarikan sapi Madura, pola sistem ternak yang di terapkan oleh Kades Samatan itu luar biasa, bayangkan dalam jangka waktu empat bulan saja sudah bisa diketahui keuntungannya, dan yang paling penting pemasarannya sudah disiapkan, yaitu kerjasama dengan PT. Golay Tani Indonesia", tutupnya.(ADV)

Penulis: Halili

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Gara - gara bantaran sebuah sungai yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, resmi mengoperasikan sarana WiFi Publik di seputaran Alun - Alun...

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

Komentar