PWI Sumenep Gelar Safari Jurnalistik Perdana di Tahun 2022, Sasarannya Siswa-Siswi SMA

Foto: Pemateri safari jurnalistik PWI Sumenep saat mengenalkan dasar-dasar jurnalistik kepada siswa-siswi SMAN I Batuan
1363
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Dalam rangka mengetuk tulurkan ilmu jurnalistik kepada generasi penerus, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar safari jurnalistik perdana di tahun 2022.

Sementara sasaran dari safari jurnalistik PWI Kabupaten Sumenep tersebut, adalah siswa-siswi yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sedangkan kegiatan perdana safari jurnalistik PWI Sumenep itu, diawali dari SMA Negeri 1 Batuan, dengan jumlah peserta sekitar kurang lebih 40 orang siswa.

Ketua PWI Sumenep, Syamsul Arifin mengatakan, Safari Jurnalistik ini merupakan program tahunan PWI yang difokuskan pada pengenalan mengenai dunia jurnalistik kepada para pelajar.

“Kita sengaja menggandeng siswa SMA guna mengenalkan dasar-dasar jurnalistik yang di dalamnya mengenai kode etik dan UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,” ujarnya, Kamis (11/08/2022).

Ia menuturkan, selama Safari Jurnalistik ini juga di edukasi mengenai produk – produk jurnalistik yang bisa dipertanggung jawabkan di era digital seperti saat ini.

“Di era digitalisasi sekarang ini banyak bertebaran informasi – informasi di media sosial. Dengan kegiatan tersebut nantinya para siswa diharapkan dapat membedakan antara produk jurnalistik dengan produk tulisan di medsos, sehingga lebih bijak ketika menggunakan media sosial,” tuturnya.

Menanggapi kegiatan Safari Jurnalistik ini, Kepala SMA Negeri Batuan, Moh. Sadik, melalui Bagian Kehumasan, Hermin, mengapresiasi PWI Sumenep dan berharap materi yang diberikan bisa menambah wawasan serta pengetahuan para siswa.

“Besar harapan kami para siswa bisa memahami dasar ilmu membuat berita dan membedakan antara berita fakta dan hoaks. Karena materi yang diberikan di Safari Jurnalistik ini tidak ada di kurikulum sekolah,” tukasnya.

Dan dalam kegiatan tersebut, PWI Sumenep menghadirkan dua pemateri, yakni Ibnu Hajar dan Badrur Rosi, yang tak lain anggota PWI Sumenep.

Penulis      :    Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, resmi mengoperasikan sarana WiFi Publik di seputaran Alun - Alun...

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

Komentar