Desa Mlawang Ukir Prestasi di Ajang Lomba Siskamling Hari Bhayangkara 76 Tahun 2022

Foto : Kepala Desa Mlawang Iwan Hari, diapit Kapolres dan Bupati Lumajang
1683
ad

MEMOonline.co.id. Lumajang - Sistem Keamanan Lingkungan di Desa Mlawang Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, mendapatkan perhatian dari Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K M.H.

Hal itu terurai dalam penetapan keputusan pemenang lomba Siskamling dalam momen peringatan Hari Bhayangkara ke 76 di tahun 2022, yang digelar selama bulan Juni kemarin. Pasca upacara puncak Hari Bhayangkara di alun - alun Lumajang, Selasa (5/7/2022) pagi, bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang, Kapolres memberikan hadiah penghargaan.

Ditetapkan sebagai nominasi Poskamling Terfavorit Pilihan Kapolres Lumajang, hadiah saat itu diserahkan kepada Kepala Desa Mlawang Iwan Hari, langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K M.H, didampingi Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq. Diwaktu yang sama, juga dilaksanakan penyerahan hadiah pada desa lain, yang juga tercatat sebagai pemenang.

Sebagai informasi, Siskamling ( Sistem Keamanan Lingkungan ) di Desa Mlawang, menerapkan pola lingkar. Dalam artian setiap petugas jaga malam, menempati titik sudut wilayah dan rute perlintasan, sesuai dengan peta wilayah, dipaparkan oleh ketua pos saat jaga malam.

Berinduk di Pos Keamanan Lingkungan ( Poskamling ) 'WARAS' ( Wajib Aman Rukun Antar Sesama ) di Dusun Curah Pakem RT 001 RW 006, keamanan lingkungan semakin terkoordinir. Kepala Desa Mlawang Iwan Hari berkata, atas keberhasilan yang diterima saat itu iapun tak pernah menduga sebelumnya.

Mewakili warga di desa yang ia pimpin, Iwan menyampaikan terimakasih. ''Jujur, kami merasa dipandang, dan tentu kami bersama warga di Desa Mlawang akan memberikan imbal balik, garis besarnya minimal di desa kami, wajib aman," ucapnya.

Disinggung soal nama Poskamling WARAS, Iwan menyampaikan jika nama tersebut merupakan wujud sumbangsih, wujud sinergi dan dukungan pada Polres Lumajang, dimana Kapolres Lumajang mempunyai Jargon Lumajang WARAS yang kepanjangannya ( Wibawa Amanah Ramah Aman Sinergitas ).

"Terimakasih juga pada segenap dewan juri atas masukan - masukan yang disampaikan saat penilaian. Akan kami jadikan sebagai acuan kebaikan kami ke depan," tukasnya.

Sebut Kades, hal tersebut tidak menampik binaan langsung dari Kapolsek Klakah Iptu Khoirin Hariyanto, yang selalu mensupport dengan datang langsung ke desa, berkomunikasi dengan warga.

Sejak awal mulai menjabat sebagai Kapolres Lumajang, menurutnya, AKBP Dewa sudah dirasa memberikan sinyal baik. Bermula melalui program unggulan 'JARAN KENCAK' kepanjangannya ( Jaga Rasa Aman Kerukunan Ciptakan Harmonisasi Kebhinekaan ). "Kami merasa ada kekuatan yang sifatnya membangun kebersamaan, untuk membuat wilayah Kabupaten Lumajang ini, menjadi Kabupaten yang aman damai dengan segala keragamannya. Pelaksanaan program saat itu, Pak Kapolres keliling, bertemu dengan kami dan warga serta para tokoh. Ada ruang komunikasi disana, sehingga melalui sisi yang paling mendasar, kiat - kiat terlaksana tepat sasaran," pungkasnya.

Diwaktu yang sama, Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, menyampaikan hal senada, jika kepolisian tidak bisa bekerja sendirian. Perlu peran serta masyarakat, salah satunya berkaitan dengan menjaga keamanan.

"Dengan peran serta masyarakat yang aktif itu, garis besarnya bersama - sama. Maka secara tidak langsung tugas kepolisian akan terbantu. Dibalik jumlah anggota yang kurang dibandingkan dengan luasan wilayah," kata Kapolres.

Dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan hari Bhayangkara di tahun 2022 ini, diharapkan akan menjadikan Kabupaten Lumajang selangkah lebih baik.

Penulis      :    Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Masyarakat Kabupaten Jember wilayah Kecamatan Jombang tepatnya di Desa Padomasan yang ramai di 'MEDSOS' mengeluhkan...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Ibnu Syahdan atau yang lebih dikenal Ibnu adalah seorang content creator asal Indonesia yang lahir di Jakarta. ia cukup...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Selain menggelar Festival Layangan LED 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Madura United sudah kembali mulai berlatih sejak Jum'at (12/4/2024) kemarin sebagai persiapan melakoni laga tandang...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Mungkin tidak banyak yang tahu jika gelaran Festival Layangan LED 2024 (Night Kite Fest), yang digelar Pemerintah...

Komentar