Sudah Tau Belum ?, Loket Prioritas BPN Lumajang Buka Pelayanan Meski Hari Libur

Foto : Rocky Soenoko Kepala BPN Lumajang menyerahkan sertipikat ke Aliyah.
1119
ad

MEMOonline.co.id. Lumajang - Nampak seorang perempuan lansia mengenakan hijab, tersenyum di samping seorang pria sambil memegang sertipikat tanah. Perempuan tersebut bernama Aliyah, warga Desa Kelampok Arum Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang.

Ia duduk di samping Kepala BPN Lumajang, Rocky Soenoko Sabtu kemarin di alun - alun Lumajang. Aliyah tersenyum lega, pasca menerima fisik sertipikat tanah yang ia urus di waktu sebelumnya.

Takjub dirasa oleh Aliyah. Sebab, bukan hitungan bulan ia menunggu sertipikat tersebut, melainkan per hari ia terima kemarin, tak terasa sudah terhitung 12 tahun lamanya ia mengurus dan menunggu sertipikat itu.

Pada media ini, Rocky Soenoko membenarkan hal tersebut. Akan tetapi ia menjelaskan detail, dulu di tahun 2010, Aliyah mengurus sendiri tanah miliknya untuk disertipikatkan.

Bermula pasca Rocky menjabat beberapa bulan lalu, mendapatkan informasi jika ada warga yang datang ke kantor BPN, menanyakan perihal sertipikat yang diurus.

"Mendapati informasi tersebut, kami melalui petugas menindaklanjuti dan mencari detailnya. Ternyata yang kami dapati, sertipikat yang dimaksud sudah lama jadi, tersimpan rapi di ruang arsip," ungkap Rocky Soenoko.

Selanjutnya, BPN menghubungi perangkat desa tempat tinggal Aliyah, meminta bersama - sama datang ke loket prioritas BPN di alun - alun Lumajang, untuk mengambil sertipikat.

Selebihnya, Rocky menjelaskan jika pasca mengurus ke BPN 12 tahun silam, sang pemilik ataupun kuasanya tidak pernah kembali datang juga tidak meninggalkan nomer telepon yang bisa dihubungi sewaktu - waktu. Ditambah, sejumlah petugas ada yang pindah tugas atau mutasi.

Diwaktu yang sama, Aliyah didampingi perangkat desa, seakan tak percaya, jika dihari itu ia akan menerima sertipikat sah dari BPN atas nama dirinya, dalam keadaan baik dan utuh, layaknya baru terbit kemarin.

Perlu diketahui, di bawah kepemimpinan Rocky Soenoko BPN Lumajang terus berbenah. Memperbaiki kinerja, dengan mempermudah permohonan sertipikat, dengan catatan secara administrasi dinyatakan sesuai dan lengkap.

Bahkan, diwaktu hari libur ( Sabtu - Minggu ), pelayanan tetap berjalan melalui loket prioritas. Untuk pemohon langsung tanpa kuasa, yang digaungkan Menteri ATR/Ka.BPN.

"Loket ini menjadi harapan dan kesempatan bagi pemilik tanah yang karena pekerjaannya, tidak punya kesempatan mengurus sendiri dan memilih jasa yang notabene berbiaya. Kini mereka punya kesempatan diakhir pekan mengurus sendiri," ucap Rocky.

Buka pelayanan di hari Sabtu dan Minggu, direncanakan secara terjadwal loket prioritas bergerak melalui mobil Larasita langsung mendatangi masyarakat langsung ke desa-desa, bahkan area publik seperti aktifitas pasar pungkasnya.

Penulis      :    Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Isma

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Sumenep - DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar sidang paripurna Istimewa, Selasa (16/8/2022)....

MEMOonline.co.id. Bekasi - Jika pemerintah tidak menindak tegas dan tidak memberikan sanksi hukum yang berat kepada perusahaan...

MEMOonline.co.id. Lumajang - Upaya Satresnarkoba Polres Lumajang Jawa Timur dalam menekan peredaran sabu, bukan sekedar...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Dalam rangka mewujudkan kepeduliannya pada petani, Pemerintah Kabupaten Sumenep,...

MEMOonline.co.id. Sampang - Bupati Sampang H Slamet Junaidi bersama Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat bersama...

Komentar