Anggaran Reses Tahap ke III Anggota DPRD Sumenep Tahun 2021 Tembus Rp 750 Juta. Berikut Rinciannya

Foto: Siswahyudi Bintoro, Kabag Humas Sekretariat DPRD Sumenep
327
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Biaya reses tahap ke III anggota DPRD Sumenep yang digelar sejak tanggal 17 - 22 Mei tahun 2021, menelan biaya sebesar Rp 750 juta lebih.

Kegiatan serap aspirasi para wakil rakyat yang dijadwalkan berlangsung selama enam hari itu, dibiayai oleh negara, diambilkan dari dana APBD tahun 2021.

Kabag Humas Sekretariat DPRD Sumenep Siswahyudi Bintoro menerangkan, jika dana reses anggota dewan senilai ratusan juta itu sudah dicairkan sebelum masa reses.

"Anggarannya sudah kami cairkan sebelum lebaran kemarin. Karena ada anggota dewan yang dari kepulauan dan pulang ke daerah asalnya," kata Siswahyudi Bintoro, Kabag Humas DPRD Sumenep, Rabu (20/05/2021).

Disinggung soal membenkaknya anggaran reses anggota yang nilainya mencapai ratusan juta, Bintoro menerangkan jika dana tersebut akan dipergunakan anggota untuk bertemu para konstituennya.

"Kalau secara keseluruhan memang angkanya besar. Tapi dana ratusan juta itu kan dibagi kepada masing - masing anggota yang jumlahnya sebanyak 50 anggota di DPRD Sumenep," terangnya.

Dijelaskan Bintoro, masing - masing anggota yang akan melakukan reses di daerah pemelihannya, mendapatkan anggaran antara 14 hingga 16 juta per anggota.

"Masing - masing anggota anggarannya tidak sama. Ada yang nilainya Rp 14 juta dan yang 16 juta, tergantung jarak tempuh titik resesnya, kalau jaraknya jauh seperti dikepulauan, makanya anggarannya lebih besar," tegasnya.

Sementara itu, lanjut Bintoro, masing - masing anggota diwajibkan melakukan reses di tiga titik berbeda. Dengan kapasitas konstituen untuk sekali reses di satu titik sebabnyak 75 orang.

Namun karena situasi saat ini masih pandemi, maka anggota dianjurkan mengumpulkan sebanya 25 orang untuk sekali tatap muka.

"Jadi dalam satu titik, anggota harus mengadakan tatap muka sebanya 3 kali, untuk memenuhi target bertatap muka dengan 75 konstituen. Sehingga, total tatap muka anggota selama masa reses di tiga titik sebanyak 9 kali," jelasnya lagi.

Sedangkan untuk anggaran mamin para konstitien yang mengikuti reses para wakil rakyat, akan dibayarkan secara non tunai ke rekening pemilik catering.

"Anggaran maminnya kita bayar non tunai ke rekening pemilik catering tempat anggota memesan mamin. Biar dokumennya jelas," pungkasnya.

MEMOonline.co.id, Sumenep

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Warga nyalabu menangkap seorang pria yang diduga pencuri. Minggu (7/8/2022) Sore sekitar pukul 17....

MEMOonline.co.id. Bekasi - Sungguh sial nasib tenaga kesehatan (Nakes) yang telah berjuang untuk masyarakat di saat pandemi Covid-19...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Deklarasi Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) dihadiri ribuan petani...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Hasil mengecewakan kembali diraih Persik Kediri saat tandang ke markas Madura United dalam...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Derby Jawa Timur antara Madura United vs Persik Kediri yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu...

Komentar