Prihatin Kondisi Ramah Nenek Sebatangkara Yang Sudah Mau Roboh, Warga Desa Ketawang Laok Patungan Rehab Rumah Nyi Asma

Foto: warga bergotong royong merehab rumah nyi Asma
427
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Nyi Asma warga memanggil namanya. Seorang nenek renta dan tinggal seorang diri di Desa Ketawang Laok, Kecamatan Guluk-guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Sehari-hari dia tinggal di rumah yang jauh dari kata layak ditempati. Atap rumahnya sudah rusak, saat hujan bocor, bahkan kayunya banyak yang lapuk karena termakan usia dan tidak direnovasi. Dindingnya mulai mengelupas, dan berubah warna dari awalnya putih menjadi hijau. Tentu bukan karena dipoles cat tembok anti air, melainkan berlumut akibat terus menerus terkena air hujan.

Begitu juga cat kusen dan pintu serta jendela, kini sudah kusam dan tampak kurang enak dipandang. Lantai rumahnya berlubang tak ubahnya seperti jalan beraspal yang rusak parah. Maklum, bukan terbuat dari tegel apalagi granit seperti yang dipakai kebanyakan orang saat membangun rumah masa kini, melainkan lantainya menggunakan semen, sehingga mudah rusak.

Setiap hari, Nyi Asma terpaksa tidur di teras rumah dengan beralaskan tikar yang terbuat dari anyaman daun siwalan. Itu karena kamar rumahnya sudah tidak bisa ditempati. Jika dipaksakan, dikhawatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, seperti genting jatuh dan lain sebagainya dan membahayakan fisik Nyi Asma.

Meski sehari-hari tidur di tempat terbuka, dia sabar menjalani hidup dengan penuh sederhana. Dia tidak pernah putus asa, bahkan sifat sosialnya masih sangat tinggi, disaat tertentu Nyi Asma tetap berbaur dengan masyarakat sekitar tanpa canggung.

Kondisi ekonomi dan kondisi fisik yang sudah tua, seakan memaksakan harus bersabar dan hanya bisa mengelus dada sembari meratapi nasib yang akan dialami keesokan hari. Untuk menyambung hidupnya, terkadang harus menunggu uluran tangan dermawan dan tetangga dekat, karena dia tidak punya anak dan sejak puluhan tahun tinggal seorang diri.

Warga yang melihat kondisi tersebut, merasa haru dan berupaya untuk membantu rehap rumahnya dengan cara patungan. Pekerjaan rehap rumah tersebut sedang berlangsung.

"Pekerjaan rehap rumah Nyi Asma masih berlangsung, ini murni hasil swadaya masyarakat," kata H. Herman, tetangga H. Herman, tetangga Nyi Asma yang juga terlibat langsung dalam pekerjaan rehap tersebut.

Rehap itu kata dia dilakukan berdasarkan musyawarah perkumpulan masyarakat yang diberi nama At-Ta'awun, hasil keputusan anggota menyepakati membantu rehap rumah Nyi Asma tanpa bergantung pada bantuan pemerintah.

"Termasuk dananya itu hasil dari sumbangan seikhlasnya anggota kumpulan At-Ta'awun. Selain itu, juga sebagian hasil sumbangan dari donatur bulanan," jelas dia.

Herman mengatakan, upaya ini murni demi membantu sesama demi terciptanya masyarakat yang adil, makmur dan harmonis. Tidak ada tendensius apapun termasuk politik, baik ditingkat desa maupun tingkat kabupaten. Bahkan beberapa bulan lalu dibawah perkumpulan At-Ta'awun telah berhasil membangun rumah milik Nenek Sumarwa.

"Kami sangat senang jika ada dermawan yang mau menafkahkan sebagian hartanya kepada warga yang kurang mampu. Apalagi bisa menjadi donatur tetap, kami sangat senang," jelasnya.

Apalagi lanjut Herman, kedepan gerakan sosial tersebut terus dilakukan. Selain membantu membangun rumah juga akan ada program sosial lain, seperti meberikan makanan siap saji setiap pekan.

Nyi Asma mengaku berterimakasih atas upaya yang dilakukan oleh perkumpulan warga At-Ta'awun. Dia mendoakan upaya yang dilakukan mendapatkan berkah dan mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Maha Esa.

(Satrio/red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Karawang- Perjuangan panjang para pengurus Sarbumusi PT. Kohwa Precision Indonesia pada akhirnya membuahkan hasil, ketika Majelis...

MEMOonline.co.id, Surabaya- Akhir-akhir ini dunia dikejutkan dengan serangan Iran kepada Israel melalui ratusan rudal balistik dan drone. Sebagian...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Banjir yang melanda sebagian wilayah di kabupaten Lumajang, menjadi atensi bagi Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Klakah Polres Lumajang Jawa Timur, terus berinovasi dalam rangka menjaga keamanan wilayah hukum yang ia...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Sudah 3 (tiga) periode Kabupaten Bekasi berada di bawah kepemimpinan Dani Ramdan sebagai PJ Bupati Bekasi, namun...

Komentar