Bunda Indah : Jangan Beli Rokok Yang Tidak Ada Pita Cukainya

Foto : Wabup Lumajang Indah Amperawati di acara sosialisasi
1095
ad

MEMOonline.co.id. Lumajang - Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, mengajak masyarakat untuk tidak membeli rokok ilegal atau rokok yang tidak ada cukainya.

Hal itu ia sampaikan diacara sosialisasi barang kena cukai, melibatkan sejumlah komunitas, kelompok masyarakat serta para pedagang rokok di wilayah Desa Karangrejo, Kecamatan Yosowilangun, senin lalu.

Menurut Wabup, sosialisasi barang kena cukai sangat penting dilakukan, lantaran banyak barang yang seharusnya dikenakan cukai, tapi beredar secara ilegal di masyarakat seperti halnya rokok.

Senada, Wabup yang akrab disapa Bunda Indah itu, mengajak masyarakat untuk tidak membeli rokok ilegal atau rokok yang tidak ada cukainya.

"Dimana - mana banyak yang seharusnya kena cukai mereka Ilegal, tidak ada pita cukainya, kayak rokok ini. Kalau tidak ada pita cukainya jangan dibeli," ucapnya.

Selain itu, diungkapkan Bunda Indah, bahwa cukai memiliki manfaat untuk masyarakat. Anggaran yang diperoleh dari cukai akan kembali ke masyarakat melalui pemenuhan fasilitas kesehatan, fasilitas umum dan kegiatan sosialisasi.

"Kita dapat dana cukai, itu dikembalikan kepada masyarakat, seperti sosialisasi, beli alat - alat kesehatan, fasilitas kesehatan untuk dampak akibat rokok," imbuhnya.

Diwaktu yang sama Kasat PolPP Kabupaten Lumajang, Matali Bilogo menambahkan, bahwa sosialisasi barang kena cukai bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar tidak membeli dan mengedarkan barang - barang yang tidak memiliki cukai resmi, seperti halnya rokok ilegal.

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan kegiatan sosialisasi tersebut masyarakat bisa berkontribusi aktif memberikan informasi terkait peredaran rokok ilegal di sekitar tempat tinggalnya.

"Sosialisasi ini diikuti okeh kelompok masyarakat, komunitas dan para pedagang atau penjual rokok, harapannya peredaran rokok ilegal bisa ditekan," jelasnya.

Penulis      :    Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Jember - Peristiwa Isra Mikraj di bulan Rajab, dalam kalender Hijriah adalah momen penting dan sangat...

MEMOonline.co.id. Jember - Dalam momentum peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU), tokoh masyarakat di Kabupaten...

MEMOonline.co.id. Surabaya - Aksi pelaku penjambretan Hendphone milik seorang bocah berusia 9 tahun di depan rumah Jalan Pogot...

MEMOonline.co.id. Surabaya - Aksi pelaku pencurian Hendphone di Jalan Kalilom Gang Lebar Surabaya. Berhasil...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Opening Ceremony Festival Pelajar PC IPNU-IPPNU Sumenep yang digelar di Ruang PKK Rumah Dinas Bupati...

Komentar