Puluhan Kades di Jember Digembleng Menjadi Pemimpin Ulung

Foto: Bupati Jember Hendy Siswanto
1365
ad

MEMOonline.co.id. Jember - Bupati Jember Hendy Siswanto, memberi pembekalan kepada Kepala Desa (Kades) di lingkungan pemerintah kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (26/11/2022).

Pembekalan dikemas dengan tema Peningkatan Kapasitas SDM bagi Kepala Desa angkatan 1 tahun 2022. Kegiatan tersebut bertempat di Asrama Secaba Jember.

Saat pembekalan, peserta tidak hanya mendapat materi kompetensi, tetapi juga diberi materi penunjang berupa kegiatan visitasi lapangan.

Tujuannya, agar para Kepala Desa sesuai dengan visi dan misi Bupati Jember.

Kegiatan tersebut dihadiri 80 kades untuk menjadi tempat tujuan belajar.

Desa yang menjadi binaan sejak 2020 ini memiliki segudang prestasi, mulai level regional hingga nasional.

Sebab menurut Hendy, Kades merupakan bagian pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Jadi, mari kita bekerja jangan hitung-hitungan waktu. Hibahkan tenaga dan waktu sepenuhnya hanya untuk rakyat," ucapnya dalam acara Khursus Kepemimpinan Peningkatan Kapasitas SDM Bagi kepala Desa Angkatan 1 Tahun 2022 di Aula Secaba, Sabtu (26/11/2022).

Hendy menegaskan, ketika sudah terpilih menjadi Kades, maka jiwa dan raga mereka bukan hanya milik keluarganya saja. Tetapi milik masyarakat juga.

"Makanya, begitu Kades melakukan kesalahan atau dinilai tidak benar dalam menjalankan kebijakan, maka yang akan menegur langsung adalah masyarakat," imbuhnya.

Selain harus memberikan pelayanan prima, Hendy juga mengingatkan Kades agar berhati-hati dalam mengelola keuangan. Terutama bagi Kades yang baru menjabat setahun belakangan ini.

"Jangan sampai salah (Mengelola keuangan - red). Soalnya KPK tidak peduli Kades itu tahu manajemen atau tidak. LJP harus benar," tandasnya.

Penulis      :    Zainullah

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Gadis malang itu diperkosa oleh SGK, yang tak lain adalah tetangga S. SGK tinggal bersama istrinya di Desa Jatian,...

MEMOonline.co.id, Denpasar- Indhy Arisandhi Lumbantobing, seorang warga Denpasar, Bali, telah mengajukan surat permohonan perlindungan hukum kepada...

MEMOonline.co.id, Jakarta- M (42), seorang arsitek, melaporkan pengalaman traumatisnya akibat hujatan dan hinaan dari suami dan mertuanya kepada...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH menghadiri Gala Dinner bersama kader Pergerakan Mahasiswa Islam...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas dukungan sinergi dan...

Komentar