Jalur Lumajang - Malang Terputus, Gerak Cepat Forkopimda Lumajang Tinjau Lokasi

Foto : koordinasi menyikapi pasca terjadinya bencana
1300
ad

MEMOonline.co.id. Lumajang - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lumajang meninjau lokasi putusnya badan jalan akibat longsor, yang berada di Kilometer 59, Dusun Kamar Kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (4/11/2022).

Saat ditemui Tim Penerangan Kodim 0821, Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra Y.T., S.T., M.M. menyampaikan, bahwa badan jalan dekat Jembatan Gladak Perak longsor akibat curah hujan tinggi yang terjadi pada kamis (3/11) kemarin, sehingga kultur tanah menjadi labil.

Gunawan juga menyampaikan, bahwa longsornya badan jalan tersebut memutus akses jalan Lumajang - Malang, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Intensitas hujan sedang sampai tinggi yang terjadi kemarin, menyebabkan badan jalan dekat jembatan Gladak Perak longsor, sehingga akses jalan Lumajang - Malang putus total,” ujarnya.

Selain itu, Gunawan menyampaikan, bahwa untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, pihaknya akan mengerahkan personel koramil setempat untuk mengimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di sepanjang jalan tersebut, khususnya di beberapa titik yang rawan longsor.

“Melalui koramil setempat, kita akan sosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas di dekat titik rawan longsor, untuk mengantisipasi timbulnya korban,” ujar dia.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengatakan, bahwa penanganan longsor yang terjadi di Kilometer 59 tersebut menjadi satu kesatuan dengan pengerjaan jembatan Gladak Perak.

Cak Thoriq juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan aktivitas di area lokasi longsor, sebagai antisipasi terjadinya longsor sususlan agar tidak menyebabkan jatuhnya korban.

Sementara itu Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.I.K., M.H. mengatakan, bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan aparatur yang lain, untuk membantu mengevakuasi warung-warung yang ada di dekat lokasi longsor.

“Untuk mengantisipasi longsor susulan agar tidak menyebabkan korban, kita bersama aparatur yang lain akan membantu mengevakuasi warung-warung yang ada di sekitar area longsor, untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman,” pungkasnya.

Penulis      :    Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, resmi mengoperasikan sarana WiFi Publik di seputaran Alun - Alun...

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

Komentar