'Demi Tolak Balak' Virus Corona, Warga Batuputih Patungan Sembelih Sapi di Pertigaan

Foto: Warga Batuputih saat akan Sembelih Sapi di Pertigaan
622
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - koranmadura.com - Berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat untuk menangkal wabah Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Tidak hanya mematuhi protokol kesehatan, warga juga melakukan ritual keagamaan.

Seperti yang dilakukan oleh warga Dusun Mungguk, Desa Juruan Daya, Kecamatan Batupitih, Sumenep. Mereka membuat kesepakatan untuk membeli sapi untuk disembelih. Sesuai kesepakatan, setiap warga dimintai sumbangan Rp20 ribu. Dari hasil sumbangan itu bisa membeli satu ekor sapi.

"Kalau dalam satu KK (kepala keluarga) ada lima orang, ya sumbangannya Rp100 ribu," kata Mohammad Masno, salah satu tokoh pemuda pada media ini.

Kesepakatan tersebut kata Masno berdasarkan musyawarah warga yang diketuai oleh Kepala Dusun M. Suki Fath, dan Asnawi ditunjuk sebagai koordinator.

Sebelum disembelih, warga terlebih dahulu membaca doa bersama yang dilakukan di tempat terbuka (sawah milik warga). Harapannya segala jenis penyakit, termasuk wabah Covid-19 segera ditiadakan dari bumi nusantara ini.

Doa berasama ini dipimpin oleh K. Fathorrahman. Pengasuh Pondok Pesantren Atta'awun, Desa Legung Barat, Kecamatan Batang-batang, Sumenep. "Jadi doa bersama ini digelar untuk keselamatan bersama. Semoga kita terhindar dari wabah Covid-19 maupun dari tha'un seperti di zaman Nabi Isa," jelas dia.

Masno menceritakan, saat zaman Nabi Isa setelah diketahui ada wabah tha'un, Rasulullah langsung bersujud kepada Allah dan bertanya apakah umatnya akan mengalami nasib serupa dengan umat Nabi Isa. Kemudian Allah melalui Malaikat Jibril memberi tahu Rasulullah bahwa umatnya tidak akan ditimpakan wabah serupa dan disarankan membaca doa khusus dan meniupkannya di kepala hewan jantan yang akan disembelih.

Sementara prosesi penyembelihan, lanjut Masno dilakukan ditempat yang telah ditentukan, yakni di simpang empat jalan dusun setempat. Setelah itu, daging hewantersebut diberikan kepada warga untuk dikonsumsi di rumah masing-masing.

"Tempat penyembihan dilakukan di jalan simpang empat di Dusun Pongguk," jelas dia.

Penulis: Alvian

Editor: Udiens

Publisher: Lina

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Guna mempermudah para pebisnis online dan memudahkan berkirim paket via handphone, PT Pos Indonesia meluncurkan dua...

MEMOonline.co.id, Probolinggo – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Probolinggo -- Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ), melakukan penindakkan terhadap badut manusia silver di lampu merah Brak...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Pelaksanaan vaksinasi serentak tahap 2 yang digelar Desa Tambaagung Barat, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep,...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Pemerintah terus menggenjot program vaksinasi Covid-19, tak terkecuali bagi kelompok usia 12 tahun - 17...

Komentar