Kenang Jasa Pahlawan, Forkopimda Lumajang Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Bangsa

Foto : Acara dilaksanakan dengan penerapan Proto kesehatan
1006
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tahun 2021. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Senin (16/8/2021) malam tepat pukul 00.00 WIB.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 0821 Lumajang, Kapolres Lumajang, Ka Kejaksaan Negeri Kab Lumajang, Ka Pengadilan Negeri Kab Lumajang, Ketua DPRD beserta Wakil Ketua DPRD Kab Lumajang, Sekretaris Daerah beserta Asisten Sekda Kab Lumajang, dan jajaran Ka OPD di Lingkungan Pemkab Lumajang.

Apel Kehormatan atau Renungan Suci merupakan tradisi rutin yang dilakukan menjelang peringatan Detik - Detik Proklamasi RI. Hal itu dilakukan untuk mengenang kembali jasa - jasa para Pahlawan yang telah gugur demi merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selaku Inspektur Upacara, Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno membacakan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, ditandai dengan lampu di sekitar TMP dipadamkan dan obor dinyalakan.

Disampaikan, jumlah arwah yang telah bersemayam di Taman Makam Pahlawan sebanyak TNI-POLRI 321 orang, Pegawai Sipil 11 orang, Pejuang Rakyat 15 orang, Pahlawan tidak dikenal 75 orang. Jumlah keseluruhan 422 orang.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar - besarnya atas keihklasan dan kesetiaan pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara - saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebangkitan yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara - saudara diterima Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat tempat yang sewajarnya," ujar Kapolres Lumajang saat membacakan Naskah Apel dan Renungan Suci.

Peserta upacara terdiri dari Kodim 0821 Lumajang 16 orang, Polres Lumajang 10 orang, Satpol PP Kabupaten Lumajang 10 orang, Tagana Dinsos Kabupaten Lumajang 10 orang, dan Korpri Kecamatan Lumajang 10 orang.

Sebagai penutup, Komandan upacara memimpin penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan. Kegiatan dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Penulis: Hermanto

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Kegiatan bagi - bagi takjil gratis yang dilakukan Pemkab Sumenep bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD,...

MEMOonline.co.id- Sejarah telah mencatat, agama Kristen berperan besar dalam pembentukan peradaban dunia Barat. Umat Kristen Protestan pun telah...

MEMOonline.co.id, Surabaya- Dalam perkembangan mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, otorita telah memberikan ultimatum kepada masyarakat...

MEMOonline.co.id, Kabupaten Bekasi- Rekapitulasi suara di Kabupaten Bekasi telah usai, PDIP dipastikan mengisi 8 kursi DPRD Kabupaten Bekasi setelah...

MEMOonline.co.id, Kabupaten Bekasi- Sebanyak 55 Caleg yang bertarung di Pemilu 2024 lalu potensial mendapatkan kursi DPRD Kabupaten...

Komentar