Kecam Intimidasi Terhadap Wartawan, PWJ Desak Kades Padomasan Disanksi

Foto : Ilustrasi Geogle
189
ad

MEMOonline.co.id, Jember - Jember, Kasus intimidasi terhadap wartawan kembali terjadi. Kali ini diduga dilakukan oleh salah satu kepala desa di Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember, Jawa Timur terhadap salah satu wartawan di kabupaten setempat.

Saat itu, salah satu Media Online Nusantara terkini.com, Tahril bermaksud mengonfirmasi dugaan adanya penyelewengan BLT-DD di desa tersebut untuk melengkapi karya jurnalistiknya. Namun, saat wawancara terjadi, Kades Padomasan naik pitam dan berupaya mengusir wartawan dengan nada kasar dari ruangan tempat konfirmasi dilakukan. Hal ini pun sudah dilaporkan ke Polsek setempat. (Jum'at 05/5/2021).

Menanggapi kejadian ini, Persatuan Wartawan Jember (PWJ) pun mengambil sikap. Salah satu organisasi wartawan di Kabupaten Jember ini mengutuk keras tindakan Kepala Desa Padomasan. Tindakan ini dinilai menghalangi tugas wartawan untuk menyajikan berita yang akurat dan berimbang.

Ketua PWJ Kustiono Musri mengatakan, dirinya mengecam keras tindakan kades tersebut. "Kami mengecam keras tindakan kesewenang - wenangan Kades Padomasan," katanya.

Ia meminta pihak kepolisian mengusut kasus itu dengan tuntas dan profesional. Karena, kata dia, saat ini kasus tersebut sudah dilaporkan ke Polsek Jombang, Kebupaten Jember.

"Kami mendesak Polsek Jombang, Polres Jember, dan Polda Jatim memberikan atensi terhadap kasus tersebut dan mengusut tuntas sesuai dengan Undang - Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers," tambahnya.

Tak hanga demikian, dirinya juga meminta Pemerintah Kabupaten Jember melalui inspektorat setempat juga menyelidiki kasus tersebut. Ia meminta Pemkab Jember segera memberikan sanksi terhadap Kades Padomasan.

"Mendesak Inspektorat Jember dan Bupati Jember segera melakukan tindakan pendisiplinan dan jika diperlukan penjatuhan sanksi terhadap Kades Padomasan sesuai aturan yang berlaku," tambahnya.

Tak hanya demikian, dirinya juga meminta seluruh insan pers di Kabupaten Jember bersatu mengawal kasus tersebut.

"Menyerukan seluruh elemen wartawan Jember untuk bersatu dan bersolidaritas atas kasus kekerasan yang menimpa wartawan," tukasnya.

Penulis: Zainullah

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep – Setidaknya, tiga dari 284 orang Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) di Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Thoriqul Haq, Bupati Lumajang kembali menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Sebuah pohon di tepi jalan arah Senduro masuk Desa Banjarwaru Kecamatan Kota Kabupaten Lumajang Jawa Timur roboh, Selasa...

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Tingginya angka kasus Covid-19 di Bangkalan saat ini membuat prihatin banyak pihak. Tak hanya...

MEMOonline.co.id, Sampang - Fathorrohman, warga Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diamankan Tim Dhemit...

Komentar