Modus Kredit Fiktif, Mantan Karyawan Bank Plat Merah di Sumenep di Vonis 3 Tahun Penjara

Foto: Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumenep
1287
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Salah satu mantan Karyawan Bank plat merah di Sumenep, Madura, Jawa Timur, inisial AI (31) di vonis 3 tahun kurungan penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

Hal itu dilakukan karena yang bersangkutan terbukti melakukan tindak pidana kejahatan korupsi dengan modus pengajuan kredit fiktif oleh pada bulan Maret 2023 lalu.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari (Kejari) Sumenep, Dony S Kusuma, SH.MH mengatakan, terdakwa AI (31) divonis 3 tahun penjara dengan denda 50 juta subsider 3 bulan dan uang pengganti 500 juta subsider 2 tahun penjara.

"Uang pengganti 500 juta dan denda 50 juta waktu pengembaliannya terhitung satu bulan sejak putusan atau vonis. Jika tidak dikembalikan ya tetap diganti pidana penjara 2 tahun untuk pengganti 500 juta dan 3 bulan untuk denda 50 juta" katanya, Selasa (23/5/2023).

Dony menerangkan, dalam kasus atau perkara penyelewengan kredit fiktif karyawan Bank plat merah tersebut, pihaknya menerapkan pasal 3 jo 18 jo 64 KUHP ayat 1 tentang tindak pidana korupsi.

"Penerapan pasal itu sudah sesuai dengan perbuatan pelaku, jadi vonisnya 3 tahun penjara dan jika ditambah dengan uang pengganti dan denda tidak dibayarkan maka hukumannya menjadi 5 tahun 3 bulan dipotong masa tahanan, dan saat ini tetap kita tahan di Rutan Klas IIB Sumenep" ungkapnya.

Diketahui tersangka AI melakukan kejahatan korupsi dengan modus mengajukan kredit usaha rakyat bagi pelaku UMKM. Padahal UMKM tersebut tidak mengajukan kredit. Pengajuan kredit fiktif UMKM tersebut dilakukan tersangka sejak 2016-2018, saat dirinya menjabat di bank tersebut.

“Tersangka ini telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai pejabat bank plat merah, untuk pengajuan kredit fiktif. Kredit yang diajukan atas nama UMKM itu diambil sendiri oleh tersangka dan dikelola sendiri oleh tersangka,” pungkasnya.

Penulis     :    Gita Larasati

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jakarta- Sengketa tumpang tindih wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) antara PT Artha Bumi Mining dan PT Bintangdelapan Wahana di...

MEMOonline.co.id, Bogor- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor menggelar peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia tingkat kabupaten pada tahun 2024...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Pentingnya sinergitas yang erat antara TNI dan pemerintah desa melalui langkah strategis dengan menyatukan visi dan misi...

MEMOonline.co.id, Pekalongan- Dino Ardiyansah atau yang lebih dikenal King Dino Trader adalah seorang Trader Forex asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Inspektorat Kabupaten Lumajang, terus melakukan pendalaman menindaklanjuti laporan warga Desa Karangsari Kecamatan...

Komentar