Terpilih Sebagai Juara 1 Lomba Karya Musik, Helmi Yahya : Indonesia Berhutang Kepada Linkrafin Jember

Foto : Helmi Yahya
186
ad

MEMOonline.co.id, Jember – Komunitas musik asal Jember Jawa Timur, Lingkar Kreatif Independen atau Linkrafin terpilih sebagai Juara 1 Lomba Karya Musik Anak Komunitas (Kamu Aku) yang diselenggarakan Kemenparekraf RI.

Karya musik berjudul Jember Nusantara gubahan Linkrafin dengan perpaduan komposisi komposisi Jawa dan Madura yang merupakan suku masyarakat Jember dengan sentuhan beberapa etnik lainnya seperti sapek dari suku Dayak, suling dari suku Sunda dan diperkaya dengan piano klasik, ada juga sinden dan ngijung berhasil memukau seluruh juri, juri kehormatan dan Menparekraf Sandiaga Uno memberikan standing applause kepada karya tersebut usai dipentaskan pada malam final.

Ada 5 finalis yang terpilih dan tampil pada malam final tersebut, di antaranya Kreasi Anak Paser dari Paser Kalimantan Timur, Walk On Water dari Nias Sumatera Utara, Cendrawasih Team dari Papua, Musisi Kulon Progo dari Kulon Progo Yogyakarta dan Linkrafin dari Jember Jawa Timur.

Secara urut juara 1 diraih Linkrafin, juara 2 Walk On Water, juara 3 Cendrawasih Team, harapan 1 diraih Kreasi Anak Paser, dan harapan 2 Musisi Kulon Progo.

Selain terpilih juara 1, Linkrafin juga terpilih sebagai juara favorit piilihan warganet dengan perolehan 5.200 like pada malam final tersebut.

Juri Lomba, Astrid Lea menyampaikan penilaiannya bahwa musik Jember Nusantara ini konsepnya sangat matang dan beragam.

“Jarang banget saya mendapatkan pementasan yang konsepnya benar-benar dipikirin banget seperti ini, tarinya, nyanyinya, sindennya dan vokalnya semuanya lengkap dan sempurna di situ, dan paling penting adalah dari mulai depan hingga belakang itu dinamikanya naik terus dan semuanya itu bikin kita ikut enjoy, Linkrafin kalian keren banget,” kata Astrid.

Juri kehormatan, Helmy Yahya menyampaikan, lagu itu bukan hanya santapan untuk telinga dan ini penampilan sempurna.

“Dari lima finalis, saya nilai ini yang terbaik, lengkap banget. Dari intronya dipikirin banget, cuma spotlight di belakang, kemudian ritmenya luar biasa, tarian dan unsur tradisinya luar biasa, komplit banget, saya piker Indonesia berhutang kepada Jember, setelah Indonesia terkenal dari karnavalnya Jember dan sekarang dari musiknya, suatu saat saya akan datang ke Jember,” ungkap Helmy Yahya.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengaku speechless dan kagum akan karya Jember Nusantara gubahan Linkrafin ini.

“Koreografernya epic, lagunya majestic, penampilan overall fantastic, dan menurut saya ini perintah dari saya, ini mesti di upload dan di post kepada seluruh tim Kemenparekraf, ini keren banget dan Linkrafin membuat saya bangga,” kata Sandiaga Uno.

Pada malam final tersebut, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto dan Ketua TP PKK Kabupaten Jember Dra. Hj. Kasih Fajarini hadir dan menyaksikan secara langsung dan memberikan semangat kepada Linkrafin Jember.

Penulis: Zainullah

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep – Apes betul nasib RJ (inisial perempuan), asal Desa Sera Timur, Kecamatan...

MEMOonline.co.id, Lumajang - 'ISY' (31) nama inisial seorang pria asal Desa Wonosari Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, ditangkap Tim Tim Resmob...

MEMOonline.co.id, Bandung - Dengan skor berakhir 1-0, akhirnya Madura United belum menambah poin setelah dikandaskan Bhayangkara FC dalam laga pekan...

MEMOonline.co.id, Malang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Perkumpulan Media Online Indonesia ( MOI ) ke-3, kali ini MOI Malang Raya turut...

p>MEMOonline.co.id, Probolinggo– Sebanyak 40 orang pengurus dan pengawas koperasi berbasis perempuan dari 20 koperasi di Kabupaten Probolinggo...

Komentar