Komandan Kodiklatad Tinjau Daerah Latihan Makalisung, Sulawesi Utara

Foto: Dankodiklad bersama tim
769
ad

MEMOonline.co.id, Manado - Bertempat di daerah latihan Makalisung yang berjarak sekitar 60 KM dari Kota Manado Sulawesi Utara, Komandan Kodiklatad (Dankodiklatad) Letjen. TNI AM. Putranto, S.Sos. beserta rombongan melakukan peninjauan sarana dan prasarana lokasi Field Training Exercise (FTX) sebagai lokasi awal peninjauan tepatnya di Secata Rindam XIII/Mdk pada Jum’at (23/4/2021) kemarin.

Dankodiklatad adalah Komandan Latihan Bersama Garuda Shield 15/2021 antara Indonesia Army dan US Army yang akan digelar secara serentak di 3 Kodam yaitu Kodam II/Swj, Kodam VI/Mlw dan Kodam XIII/Mdk.

Setelah menerima paparan dari Danrindam XIII/Mdk terkait kesiapan penggunaan daerah latihan, Dankodiklatad beserta rombongan langsung melakukan peninjauan ke lokasi yang akan digunakan untuk latihan bersama itu.

Kemudian pada keesokan harinya peninjauan dilanjutkan ke Medan Rahlat di Desa Makalisung Kompleks - Manado.

Konsep latihan bersama (Latma) kedua negara antara Prajurit TNI AD dan US Army tersebut yakni melaksanakan kegiatan Field Training Exercise (FTX) dengan menggunakan daerah latihan yang dirancang berdasarkan situasi dan kondisi menyerupai medan dan situasi sebenarnya yang akan dihadapi oleh prajurit saat penugasan nantinya.

Melalui Latma kedua negara ini, diharapkan dapat saling berbagi taktik dan strategi bertempur, adanya transfer ilmu dan tekhnologi sesuai dengan perkembangan saat ini sehingga semakin meningkatkan profesionalisme prajurit.

Dan yang tidak kalah penting, terjalinnya hubungan yang semakin erat antara militer kedua negara.

Latihan bersama yang akan diselenggarakan setingkat batalyon ini akan melibatkan 120 personel TNI AD dan 120 personel US Army yang secara bersamaan akan dilaksanakan di 3 wilayah Indonesia.

Setelah laksanakan peninjauan sarana dan prasarana di wilayah Kodam XIII/Mdk, Dankodiklatad beserta rombongan akan melanjutkan peninjauannya terhadap fasilitas akomodasi dan daerah latihan ke wilayah Kodam VI/Mlw.

Sebelumnya Dankodiklatad telah meninjau Rahlat Puslatpur Kodiklatad di Kodam II/Swj.

Turut serta dalam acara peninjauan itu, yakni Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han), Asisten Latihan Kasad Mayjen TNI Harianto, Direktur Latihan Kodiklatad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han), Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, S.H., Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Semuel Jefferson Aling, S.Ip., dan Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf Suparlan Purwo Utomo.

Penulis: PenKodiklatad / Bambang

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Surabaya- Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII yang dilaksanakan di Kota Surabaya pada Kamis 25 April 2024, Kementerian...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Pemerintah Kota Bekasi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Formkopimda) Kota Bekasi menyelenggarakan upacara...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, Kaliboto Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto Serka...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dalam upaya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, TNI dan warga Desa Karanganyar Kecamatan Yosowilangun Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kapolsek Klakah AKP Khoirin Hariyanto, mengapresiasi internal PT. KAI Daop 9 khususnya Kepala Stasiun Klakah, dalam ranah...

Komentar