"Patirtaan Kaygun" di Desa Tlekung Diresmikan Walikota Batu

Foto: Walikota Batu saat menandatangani tiga prasasti peresmian "Patirtaan Kaygun" di Desa Tlekung.
702
ad

MEMOonlone.co.id, Kota Batu - Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si "Partitaan Kaygun" di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, tepat di Hari Ulang Tahun Kota Batu yang ke - 19 tahun 2020. Sabtu (17/10/2020).

Kepala Desa Tlekung, Mardi menyampaikan bahwa keinginannya dengan pembangunan Petirtaan Kaygun untuk memberdayakan Desa Tlekung melalui inovasi pengembangan desa wisata.

"Desa Wisata Petirtaan Kaygun diharapkan mampu menjadi sumber pendapatan desa sekaligus pelestarian sumber mata air desa. Dibangun di atas tanah kas desa 1000 meter persegi dengan konsep pemandian bernuansa sejarah tempo dulu," paparnya.

Menurut dia, nama "Petirtaan Kaygun" merupakan bahasa Jepang yang artinya, kemakmuran. Intinya sebagai warisan sejarah yang sudah diberikan sejak zaman dulu. Untuk pembangunannya sendiri sudah dimulai pertengahan tahun 2019 dengan menggunakan Dana Desa (DD) yang sampai saat ini sudah menghabiskan 450 juta rupiah.

Wali Kota Batu, Dra. Hj. Dewanti Rumpoko M.Si mengingatkan kepada pengelola agar destinasi yang sudah selesai dibangun ini dapat dijaga sebisa mungkin, baik dari segi spesifikasi kolam renangnya. Sehingga dapat memanfaatkannya untuk mencetak prestasi.

"Kolam ini harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, sirkulasi airnya, kebersihanya, pemeliharaanya harus benar-benar dijaga. Mudah-mudahan ketika ada kolam renang ini anak-anak muda di Tlekung banyak yang menjadi atlet renang," ujarnya.

Di tempat yang sama menurut Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi melalui Ketua Komisi B, Hari Danah Wahyono mendorong, terhadap peresmian destinasi ini dengan tetap mengupayakan kelengkapan fasilitas pendukung lainya dapat dijamin kemanannya.

"Selain sebagai tempat wisata kolam renang ini juga berfungsi sebagai sarana olahraga, dan sosialisasi maka dari itu saya berharap fasilitas pendukungnya dapat dibuat aman sesuai protokol keselamatan dan ramah anak," tutur dia. (Risma/red)

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Masyarakat Kabupaten Jember wilayah Kecamatan Jombang tepatnya di Desa Padomasan yang ramai di 'MEDSOS' mengeluhkan...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Ibnu Syahdan atau yang lebih dikenal Ibnu adalah seorang content creator asal Indonesia yang lahir di Jakarta. ia cukup...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Selain menggelar Festival Layangan LED 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Madura United sudah kembali mulai berlatih sejak Jum'at (12/4/2024) kemarin sebagai persiapan melakoni laga tandang...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Mungkin tidak banyak yang tahu jika gelaran Festival Layangan LED 2024 (Night Kite Fest), yang digelar Pemerintah...

Komentar