Spektakuler ! Festival Musik 'Tong Tong' di Sumenep, Diserbu Ribuan Pengunjung

Foto: suasana festival musik tong tong memperingati hari jadi kabupaten Sumenep ke- 750
1858
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep – Festival musik tong tong yang digelar Pemerintah Kabupaten (pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (26/10/2019) malam, dibanjiri ribuan pengunjunjung.

Festival musik tradisional yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-750 tahun 2019, diikuti 30 perserta.

Bersal dari kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

Sementara start festival musik tong tong se Madura itu, ditempatkan di depan masjid jamik, atau depan area taman bunga (TB) Sumenep.

Bahkan saking meriahnya acara tersebut, puluhan ribu pengunjung memadati  jantung kota Sumenep.

Sehingga, hampir semua ruas jalan menuju jantung keris, penuh dengan lautan manusia, serta kendaraan bermotor.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menyampikan jika Musik Tong Tong merupakan salah satu musik tradisi klasik yang diwariskan secara turun temurun. 

Sehingga dengan perkembangan pola pikir dan perjalanan waktu,musik tong tong terus bertransformasi.

“Ini sudah terlihat saat ini kreasi para pemusik tradisional terus berkembang,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada acara pelepasan festival musik tong tong atau yang lebih keren disebut musik ul daul.

Diakui Bupati, bahwa Festival Musik Tong Tong yang paling digemari menyedot antusiasme masyarkat. 

“Antusias masyarkat bukan hanya di Sumenep sendiri, melainkan masyarakat luar. Hal ini terus dipertahankan dimasa mendatang,” harapnya.

Sebab, di era digital saat ini, ungkap Busyro, masyarakat semakin terkungkung menjadi pribadi individualis, egois, dan hedonis.

“”Festval ini sangatlah pentin, tidak semata hanya hiburan, melainkan diharapkan membangun solidaritas merekatkan keharmonisan sosial,” ucapnya.

Sementara, pada kesempatan itu turut hadir Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Sekda Edy Rasyadi, Forkopimda, OPD dan para tamu undangan dari duta raja luar negeri dan daerah. (Alvian/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Jember- Bupati Jember Hendy Siswanto melaksanakan program Jember Bershodaqoh (J-Bershodaqoh) di Kecamatan Balung yang meliputi 8...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

Komentar