Waspada ! Dua Balita di Sampang Tewas Terjangkit Difteri

Foto: RSUD sampang
862
ad

MEMO online, Sampang  – Sedikitnya, dua balita di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, meninggal dunia lantaran terjangkit difeteri.

Balita tersebut merupakan bagian dari 7 warga Sampang yang dinyakan positif terjangkit difteri selama tahun 2017.

Sementara, diketahuinya 7 warga Sampang itu terjangkit difteri, setelah pihak rumah sakit melakukan uji laboratorium, pada 7 pasiennya itu.

“Dari tujuh pasien positif difteri itu yang sembuh ada lima. Sedangkan yang dua orang, terlambat penanganannya. Dalam kondisi parah baru dibawa ke puskesmas sehingga tidak tertolong, meski sudah diberikan penanganan medis,” tutur Asrul Sani, Sekretaris Dinkes Sampang, Rabu (13/12/2017).

Menurutnya, sesuai data yang masuk ke RSUD Sampang, ada 17 pasien yang diduga difteri. Tapi yang positif difteri ada tujuh orang, dua diantaranya meninggal dunia.

“Yang meninggal itu berusia sekitar empat tahunan berasal dari Kecamatan Ketapang dan Kecataman Karang Penang,” ujarnya.

Lebih Jauh Asrul mengatakan, bakteri corynebacterium diphtheriae itu bisa menyerang semua usia, namun yang paling rentan terserang adalah balita. Gejalanya tampak seperti mengalami penyakit flu biasa yang disertai suhu badan panas (demam).

Apabila dibiarkan, akan muncul gejala lain. Di tenggorokan dan di rongga mulut terlihat kotor berwarna putih.

“Kalau dibiarkan itu bisa fatal. Makanya, masyarakat agar segera memeriksakan ke petugas kesehatan. Apakah gejala tersebut hanya flu dan batuk pilek biasa atau karena difteri,” ujarnya.

Pencegahan yang bisa dilakukan, menurutnya, melalui Imunisasi DPT pada bayi secara lengkap.

“Imunisasi sebanyak tiga kali. Sebenarnya masih ada masyarakat yang tidak mengimunisasikan DPT anaknya secara lengkap. Imunisasi ini sebenarnya sudah program rutin dari pemerintah. Masih ada juga masyarakat yang menolak imunisasi ini. Tapi, kami berupaya keras melakukan sosialisasi di posyandu mengenai pentingnya imunisasi tersebut,” tambahnya. (Hendra/diens)

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Gadis malang itu diperkosa oleh SGK, yang tak lain adalah tetangga S. SGK tinggal bersama istrinya di Desa Jatian,...

MEMOonline.co.id, Denpasar- Indhy Arisandhi Lumbantobing, seorang warga Denpasar, Bali, telah mengajukan surat permohonan perlindungan hukum kepada...

MEMOonline.co.id, Jakarta- M (42), seorang arsitek, melaporkan pengalaman traumatisnya akibat hujatan dan hinaan dari suami dan mertuanya kepada...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH menghadiri Gala Dinner bersama kader Pergerakan Mahasiswa Islam...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas dukungan sinergi dan...

Komentar