Jarang Ditemukan, "Festival Jaran Serek" Masa Kejayaan di Sumenep Menarik Perhatian Ribuan Wisatawan

Foto: Calender of Event Sumenep Masa Kejayaan 2023 "Festival Jaran Serek".
1437
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Sejumlah even yang menjadi agenda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep di era Kepemimpinan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, terus digulirkan untuk mendongkrak dan mengenalkan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ke masyarakat luar.

Terbaru, salah satu yang termasuk dalam Calendar of Event Sumenep Masa Kejayaan 2023 adalah pagelaran "Festival Jaran Serek" (kuda menari) yang digelar bersama "Pandhige Community", Sabtu (27/05/2023).

Gelaran Festival Jaran Serek itu diikuti ratusan kuda yang menampilkan berbagai atraksi cantik dan meriah yang digiring oleh pemilik masing-masing dari Lapangan Giling Kerapan Sapi hingga Labang Mesem Keraton Sumenep.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, Festival Jaran Serek tidak hanya untuk mendongkrak wisatawan, tetapi juga melestarikan kebudayaan lokal di Sumenep dan mengenalkan kepada seluruh generasi muda agar tidak melupakan kesenian dan kebudayaan turun temurun.

"Festival Jaran Serek yang digelar hari ini sebagai salah satu upaya dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan di Sumenep ini. Harus kita pertahankan," ucap Bupati Fauzi.

Hal menarik lainnya juga disampaikan oleh Bupati Fauzi bahwa peserta dari Pandhige Community menginginkan agar di event berikutnya yang menjadi agenda Pemkab kembali turut dilibatkan. Hal itu bagi mereka menjadi suatu kebanggaan karena bisa menjadi bagian dalam keterlibatan dan partisipasi untuk memeriahkan event Pemkab Sumenep.

"Ini menarik sekali, karena teman-teman dari paguyuban Jaran Serek meminta agar di event lainnya juga dilibatkan. Dan ini juga menjadi agar paguyuban lainnya juga turut dilibatkan," lanjutnya.

Bahkan lebih dari itu, pagelaran Festival Jaran Serek berlangsung meriah walaupun matahari cukup terik. Tidak hanya memadati lokasi start, warga juga memadati sepanjang jalan yang menjadi rute dalam gelaran Festival Jaran Serek hingga rute finish di Keraton Sumenep.

Kemudian, kemeriahan Festival Jaran Serek ini semakin berwarna karena diiringi oleh puluhan musik tradisional berupa Saronen dan juga beberapa Sanggar Tari di Kabupaten Sumenep.

Penulis     :    Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jakarta- Sengketa tumpang tindih wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) antara PT Artha Bumi Mining dan PT Bintangdelapan Wahana di...

MEMOonline.co.id, Bogor- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor menggelar peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia tingkat kabupaten pada tahun 2024...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Pentingnya sinergitas yang erat antara TNI dan pemerintah desa melalui langkah strategis dengan menyatukan visi dan misi...

MEMOonline.co.id, Pekalongan- Dino Ardiyansah atau yang lebih dikenal King Dino Trader adalah seorang Trader Forex asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Inspektorat Kabupaten Lumajang, terus melakukan pendalaman menindaklanjuti laporan warga Desa Karangsari Kecamatan...

Komentar