Bersama Warga, Komunitas Generasi Milenial Senongan Sumenep Gelar Aksi Bersih-bersih Lingkungan

Foto: Bakti Sosial Komunitas Generasi Milenial Senongan Sumenep membersihkan lingkungan
1392
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas Generasi Milenial Senongan (GMS), bersih-bersih lingkungan, Selasa (10/01/2023) pagi.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan yang diinisiasi komunitas GSM yang merupakan warga RT/RW 024/010, Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Sumenep.

Mereka melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang jalan penghubung Desa Ellak Daya, menuju Kecamatan Lenteng.

Hal itu dilakukan, lantaran sepanjang jalan tersebut sudah ditumbuhi semak belukar, lantaran diguyur hujan deras selama 15 hari berturut.

Khotib, ketua komunitas GMS mengatakan, ada banyak kegiatan yang dilakukan komunitasnya bersama warga. Salah satunya gerakan aksi bersih-bersih lingkungan, yang rutin dilaksanakan, terlebih ketika lingkungan sekitar terlihat sudah mulai kotor.

"Ini kan di desa, jadi apa-apa harus dikerjakan secara gotong-royong. Walaupun tidak semuanya antusias, setidaknya saya dan teman-teman sudah berusaha mengajak warga. Dan Alhamdulilah banyak banget yang terlibat. Bahkan ketua RT-nya juga ada di sini," ucap Khotib dengan sumringah.

Tidak hanya membabat rumput dan sejenisnya, pada aksi bersih-bersih ini juga dilakukan kegiatan fogging sebagai upaya membasmi jentik nyamuk daribsarang perkembangbiakannya.

Sebab bila itu dibiarkan, jentik-jentik yang menetas dan berubah menjadi nyamuk, akan membahayakan kesehatan masyarakat.

"Seperti yang terlihat karena di sisi kanak kiri jalan juga ada parit kecil. Tidak jarang air bahkan merembes ke jalan karena paritnya tidak terlalu baik untuk menampung debit aliran air" imbuhnya.

Giat pemuda ini turut diapresiasi oleh Masturi Hamzah, Ketua RT setempat yang juga turut melakukan pembersihan di area setempat bersama dengan warga lain yang didominasi kaum laki-laki.

"Jadi, walaupun setiap warga punya kepentingan masing-masing setiap harinya karena harus bekerja di ladang, hal itu Alhamdulillah bisa disadari bersama karena kegiatan ini menjadi aksi sosial yang manfaatnya bisa dirasakan bersama," ucap Turi, sapaan ketua RT tersebut.

Pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa menumbuhkan kesadaran warga masyarakat akan pentingnya kesehatan yang harus selalu diperhatikan.

Terlebih karena semak belukar yang ada di pinggir jalan tersebut merupakan akses vital warga saat melewati.

Penulis      :    Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

MEMOonline.co.id, Kalimantan Timur - Madura United sebagai tim tamu melibas tuan rumah Borneo FC dengan 4 gol tanpa balas dalam laga pekan ke-31 BRI...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Andre Parmonangan P atau yang lebih dikenal Andre adalah seorang dokter dan content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Jember- Yuliana Harimurti Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag ) Kabupaten Jember. Memberikan informasi dan...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Komandan Kodim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., memberikan arahan kepada seluruh anggota TNI dan...

Komentar