Puluhan Sapi di Desa Sumberwringin Terpapar PMK, Pemdes Lemot Lakukan Penanganan

_Foto: Ratusan sapi di Desa Sumberwringin-Sukowono, Diduga terpapar wabah PMK._
1541
ad

MEMOonline.co.id. Jember - Temuan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak jenis sapi di Desa Sumberwringin, Kabupaten Sukowono, Kabupaten Jember terus bertambah.

Namun, anehnya hingga saat ini belum pernah ada sosialisasi dari pemerintah setempat maupun dinas terkait.

Dengan peningkatan kasus PMK yang cepat tersebut tentunya membuat khawatir para peternak.

Sebelumnya, salah satu peternak Sugiarto menjelaskan sapi yang ia ternak beberapa hari ini sering mengeluarkan busa dari mulut, diduga terindikasi terkena PKM.

"Sudah beberapa hari ini tidak bisa makan, dan terus keluar busa, sudah disuntik ke pak menteri mas, dan di minta KTP," ujarnya, Rabu (13/7).

Lebih lanjut. Dia menjelaskan, selain terjangkit virus PMK, puluhan hewan ternak yang mati karena sebagian tidak bisa diselamatkan.

“Jadi kasus sapi ini banyak mas, bahkan ratusan. Kemaren dua anak sapi yang meninggal,"kata warga setempat.

Sementara kepala Dinas Peternakan Andi Prastowo mengatakan selama ini belum pernah menerima laporan dari pemerintah Desa Sumberwringin terkait sapi yang diduga terpapar virus PMK.

"Bahkan, kata Andi pihaknya akan turun ke lokasi jika pihaknya sudah menerima laporan dari pemerintah setempat," pungkasnya.

Terpisah Kepala Desa (kades) Sumberwringin Fathor saat didatangi kediamannya sedang tidak ada ditempat, sementara dikonfirmasi Via WhatsApp tidak ada respon hanya dibaca.

Secara terpisah, Camat Sukowono, Lingga Diputra, saat dikonfirmasi belum memberikan keterangan apapun. Namun, pihaknya sudah menghubungi Kades untuk melakukan asesmen.

Penulis      :    Zainullah

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pelaksanaan Kalender Event yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Diaspora setempat,...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Ngatmini (50) warga Dusun Sriti Desa Sumber Urip Pronojiwo Lumajang, dievakuasi petugas gabungan TNI Polri dibantu warga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid Ali Munir, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Ketua DPRD...

MEMOonline.co.id, Trenggalek- Bima Wahyu Syahputra atau yang lebih dikenal Bima adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id- Rasa cemas saya pun sulit untuk sekedar diredakan, apalagi hendak dihilangkan, atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak...

Komentar