Kadinsos Bangga Lansia Bekasi Secara Umum Bisa Mandiri

Foto: Kadinsos saat mencicipi kue cucur
734
ad

MEMOonline.co.id. Bekasi& Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) ke-26 Tahun 2022 tingkat Kabupaten di Yayasan Pelita Harapan Desa Kertarahayu Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, Rabu (25/5/2022).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Endin Samsudin menyampaikan sejatinya peringatan Hari Lansia Nasional jatuh pada tanggal 29 Mei.

"Namun didalam juklak (petunjuk pelaksanaan) kita diperbolehkan untuk melaksanakannya sebelum 29 Mei atau setelahnya," jelasnya.

"Karena memang Kabupaten Bekasi persiapannya sudah ok ya, terutama tempat dan pelaksanaan, sehingga kita melaksanakan untuk tingkat Kabupaten Bekasi pada hari ini," ujarnya.

Adapun peringatan Hari Lansia secara Nasional, lanjut Endin, nantinya akan dilaksanakan tepat tanggal 29 Mei 2022 di Tasikmalaya Jawa Barat.

"Dan alhamdulillah, tadi kita bisa lihat yang hadir juga lumayan banyak ya. Karena memang sebelumnya kita masih membatasi. Situasi kita walaupun sudah level I tetap untuk prokes situasinya betul-betul kita jaga," ungkapnya.

Meskipun demikian, lanjut Kadinsos yang mantan Camat ini menuturkan bahwa Camat yang unsur dari kewilayahan, kemudian dari desa Tamanrahayu serta peserta yang memang kita hadirkan dari kecamatan Setu pada umumnya, "Turut hadir dalam kesempatan yang baik ini," tukasnya.

"Juga kita lihat dari apa yang ditampilkan bahwa para lansia sesuai dengan harapan pemerintah, ternyata masih bisa mandiri baik kreativitas dan kreasinya. Ada yang buat kue, menganyam tikar, bikin pengki (tempat sampah-red) dan yang lainnya," beber Endin.

Ini, sebut Endin, perlu dilakukan pembinaan secara terus-menerus sehingga apa yang pemerintah harapkan bahwa Lansia bisa mandiri, sejahtera dan tentunya tidak ada ketergantungan benar-benar nyata terwujud.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah buktikan bahwa Lansia di Kabupaten Bekasi secara umum bisa mandiri," ucapnya.

Tentang bantuan dari pemerintah daerah, ungkap Endin, pihaknya hari ini membantu para Lansia yang hadir dengan perlengkapan untuk ibadah.

"Kalau yang perempuan ada Mukena, untuk laki-laki ada sarung. Juga ditambah sembako serta uang saku tentunya," sebutnya.

Sedangkan jumlah peserta yang diundang kurang lebih 100 orang, sebab seperti yang sudah dijelaskan masih (situasi pandemi Covid-19), jadi masih dibatasi.

"Sehingga pelaksanaan daripada kegiatan ini, yang penting sudah sesuai dengan arahan dari Kemensos bahwa harus kita laksanakan dan Kabupaten Bekasi hari ini kita sudah laksanakan," pungkasnya.

Penulis      :   Bambang

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Isma

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Harga Cabai Rawit di Pasar tradisional Kolpajung Pamekasan mengalami...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Belakangan ini masyarakat tengah dihebohkan dengan isu begal di perbatasan Desa Sopa'ah dan Desa...

MEMOonline.co.id. Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., berpesan kepada para...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin melepas kontingen Komite Olahraga Rekreasi...

MEMOonline.co.id. Jember - Muspika Pakusari bersama Dinas peternakan melakukan peninjauan ke sejumlah pemilik hewan ternak di beberapa titik...

Komentar