Peringati Maulid dan Hari Santri, Wakil Dewan Gelar Khotmil Qur'an

Foto : Khotib Marzuki saat melakukan Khotmil Qur'an
725
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN), wakil ketua DPRD Bangkalan, Khotib Marzuki menggelar Khotmil Qur'an di Kecamatan Kamal, Jumat (22/10/2021).

Ia mengatakan, tak hanya untuk memperingati dua hari besar tersebut, khotmil qur'an itu juga digelar secara rutin setiap tiga bulan sekali. Hal itu dilakukan untuk membangun jalinan ukhuwah islamiyah masyarakat di kecamatan tersebut.

"Khotmil qur'an ini sebagai salah satu ikhtiar agar hubungan masyarakat semakin erat dan rukun. Kebetulan di bulan ini, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan hari santri," jelasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga memaknai baik hari santri yang jatuh pada 22 oktober itu. Menurutnya, hubungan masyarakat Bangkalan yang guyub tak terlepas dari peran santri dan pondok pesantren yang mendominasi.

"Banyak nilai-nilai islam yang diterapkan oleh para santri maupun alumni ponpes dalam kehidupan masyarakat di Bangkalan dan menciptakan masyarakat yang rukun dan beradab," tuturnya.

Tak hanya itu, di masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh sektor, Ponpes dinilai mampu tetap bertahan. Hal tersebut terbukti dari tidak adanya kluster baru di pondok pesantren.

"Alhamdulillah, Sampai saat ini di Bangkalan belum ada kluster dari ponpes," tambahnya.

Ia berharap, ponpes yang ada di Bangkalan dapat semakin maju dan berkembang. Ia juga bersyukur, saat ini pemerintah mulai memperhatikan Ponpes salah satunya dengan rencana pengadaan dana abadi yang tertuang dalam peraturan Presiden no 82 tahun 2021.

"Adanya perpres no 82 tahun 2021 itu menjadi semangat baru bagi Ponpes dan juga santri untuk meningkatkan kualitas dan juga tetap menjaga karakter. Alhamdulillah atas perjuangan anggota DPR RI fraksi PKB perpes itu terbit dan menjadi kado di hari santri ini," imbuhnya.

Penulis: Julian

Editor: Udiens

Publisher: Isma

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Gara - gara bantaran sebuah sungai yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, resmi mengoperasikan sarana WiFi Publik di seputaran Alun - Alun...

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

Komentar