Cegah Penyimpangan Dana Desa Kejari Jember Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Kades

Foto: Penyuluhan Hukum Kejari Jember
1096
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jember memberikan penyuluhan kepada para kepala desa di dua kecamatan.

Kegiatan penyuluhan ini berlangsung di Aula Kecamatan Gumukmas pada Selasa, 21 Mei 2024.

Penyuluhan ini bertujuan untuk mengedukasi kepala desa, bendahara desa, dan pendamping desa agar berhati-hati dalam mengelola dana desa (DD).

Jaksa Fungsional di Bidang Datun Kejari Jember, Achmad Soedjajanto, menekankan pentingnya menjauhi hukum atau hal-hal yang berpotensi terkena permasalahan hukum.

Inti titik beratnya yaitu pembinaan desa supaya para kepala desa tidak keluar rel dari pengelolaan anggaran desa maupun pengelolaan PAD.

"Kemudian juga dalam hal PBB, misalkan jangan sampai terjadi penyimpangan-penyimpangan yang harus berhadapan dengan hukum," ujar Soedjajanto.

Untuk mewujudkan desa aman dari pidana hukum, Kejari Jember memberikan ruang bagi kepala desa untuk sharing atau membedah permasalahan yang ada.

"Intinya kita memberikan ruang dan memberikan pendidikan atau penyuluhan agar kepala desa berjalan sesuai dengan aturan," tutup Soedjajanto.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Mayangan, Sunoto, sangat mengapresiasi kegiatan ini, termasuk pemberian ruang konsultasi dari Kejari Jember.

"Kami lega karena kejaksaan memberikan ruang untuk bertanya dan belajar agar apa yang kita kerjakan sesuai Tupoksi," pungkasnya.

Penulis     :   Zain

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Gadis malang itu diperkosa oleh SGK, yang tak lain adalah tetangga S. SGK tinggal bersama istrinya di Desa Jatian,...

MEMOonline.co.id, Denpasar- Indhy Arisandhi Lumbantobing, seorang warga Denpasar, Bali, telah mengajukan surat permohonan perlindungan hukum kepada...

MEMOonline.co.id, Jakarta- M (42), seorang arsitek, melaporkan pengalaman traumatisnya akibat hujatan dan hinaan dari suami dan mertuanya kepada...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH menghadiri Gala Dinner bersama kader Pergerakan Mahasiswa Islam...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas dukungan sinergi dan...

Komentar