Cegah Penyimpangan Dana Desa Kejari Jember Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Kades

Foto: Penyuluhan Hukum Kejari Jember
1074
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jember memberikan penyuluhan kepada para kepala desa di dua kecamatan.

Kegiatan penyuluhan ini berlangsung di Aula Kecamatan Gumukmas pada Selasa, 21 Mei 2024.

Penyuluhan ini bertujuan untuk mengedukasi kepala desa, bendahara desa, dan pendamping desa agar berhati-hati dalam mengelola dana desa (DD).

Jaksa Fungsional di Bidang Datun Kejari Jember, Achmad Soedjajanto, menekankan pentingnya menjauhi hukum atau hal-hal yang berpotensi terkena permasalahan hukum.

Inti titik beratnya yaitu pembinaan desa supaya para kepala desa tidak keluar rel dari pengelolaan anggaran desa maupun pengelolaan PAD.

"Kemudian juga dalam hal PBB, misalkan jangan sampai terjadi penyimpangan-penyimpangan yang harus berhadapan dengan hukum," ujar Soedjajanto.

Untuk mewujudkan desa aman dari pidana hukum, Kejari Jember memberikan ruang bagi kepala desa untuk sharing atau membedah permasalahan yang ada.

"Intinya kita memberikan ruang dan memberikan pendidikan atau penyuluhan agar kepala desa berjalan sesuai dengan aturan," tutup Soedjajanto.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Mayangan, Sunoto, sangat mengapresiasi kegiatan ini, termasuk pemberian ruang konsultasi dari Kejari Jember.

"Kami lega karena kejaksaan memberikan ruang untuk bertanya dan belajar agar apa yang kita kerjakan sesuai Tupoksi," pungkasnya.

Penulis     :   Zain

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jakarta- Sengketa tumpang tindih wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) antara PT Artha Bumi Mining dan PT Bintangdelapan Wahana di...

MEMOonline.co.id, Bogor- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor menggelar peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia tingkat kabupaten pada tahun 2024...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Pentingnya sinergitas yang erat antara TNI dan pemerintah desa melalui langkah strategis dengan menyatukan visi dan misi...

MEMOonline.co.id, Pekalongan- Dino Ardiyansah atau yang lebih dikenal King Dino Trader adalah seorang Trader Forex asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Inspektorat Kabupaten Lumajang, terus melakukan pendalaman menindaklanjuti laporan warga Desa Karangsari Kecamatan...

Komentar