Diduga Terkena Percikan Api Las, Truck Bermuatan LPG di Sumenep Terbakar

Foto: Petugas dan warga setempat tidak berani mendekat ketika terjadi kebakaran pada truck pengangkut LPG
1724
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Kebakaran menimpa sebuah mobil truck dengan Nomor Polisi M 8521 VD berisi muatan tabung gas LPG.

Kebakaran terjadi di jalan Raya Bluto - Lenteng Dusun Bara' Lorong RT 007 RW 003 Desa Bluto Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Rabu (25/1/2023).

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti menjelaskan beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Hanya saja dari musibah ini kerugian ditaksir sekitar Rp600juta," ungkapnya.

AKP Widi menyebut, kerugian ditaksir sekitar Rp600juta berupa mobil truck dan 562 tabung gas LPG.

Diketahui truck LPG ini milik H. Ahmad (45) PT. Multi Gas Sapeken Jaya asal Desa Batuan, Kecamatan Batuan, yang dikemudikan oleh Miftahol Arifin (33) asal Dusun Mandala, Desa Mandala, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. Dan Rasid (31) sebagai Kernet asal Desa Aengbaja Kenek Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep.

Dari penuturan pengemudi diceritakan bahwa sebelum terjadi kebakaran, truck melakukan pengisian gas LPG di SPBE Mitra Madura Dharma Abadi jalan Raya Sumenep - Pamekasan Dusun Nang-Nangan Desa Saronggi Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep sebanyak 562 tabung gas LPG.

Setelah selesai pengisian kemudian menuju pangkalan ke Desa Lenteng Barat Kecamatan Lenteng melewati jalur Bluto - Lenteng.

Beberapa saat sesampainya di bengkel las listrik milik Bapak Asmo Dusun Bara' Lorong Desa Bluto, kendaraan truck tersebut berhenti untuk dilakukan pengelesan di bagian besi kenalpot, yang selanjutnya di las ke bagian engsel pintu bak belakang sebelah kanan dan dilanjutkan pengelasan ke besi jeruji bagian atas sebagai penutup dan pengaman tabung.

Ketika mengerjakan las dibagian jeruji atas tiba-tiba terdapat percikan api yang bersumber dari tabung dibagian tumpukan belakang sebelah kanan dan api semakin membesar. Secara spontanitas mobil truck dipindah kesebelah barat bengkel agar api tidak segera menjalar ke bengkel.

Tepat sekitar pukul 10.00 WIB kobaran api semakin membesar sehingga mobil truck yang berisi muatan tabung gas LPG terbakar secara keseluruhan.

Dari penuturan warga sekitar mobil pemadam kebakaran sebanyak 4 unit tiba di TKP dan langsung memadamkan api yang dibantu oleh petugas aparat keamanan dan warga sekitar.

Atas kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun mengalami kerugian material yang dialami Imroatus Sholihah yakni satu unit sepeda motor Yamaha Mio warna biru Nomor Polisi M 4544 V yang terkena imbas panas kebakaran, karena berdekatan dengan truck LPG.

Motor tersebut mengalami kerusakan pada tebeng sepeda dengan kondisi meleleh. Diperkirakan mengalami kerugian senilai Rp500 ribu.

Penulis      :    Gita Larasati

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jakarta- Sengketa tumpang tindih wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) antara PT Artha Bumi Mining dan PT Bintangdelapan Wahana di...

MEMOonline.co.id, Bogor- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor menggelar peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia tingkat kabupaten pada tahun 2024...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Pentingnya sinergitas yang erat antara TNI dan pemerintah desa melalui langkah strategis dengan menyatukan visi dan misi...

MEMOonline.co.id, Pekalongan- Dino Ardiyansah atau yang lebih dikenal King Dino Trader adalah seorang Trader Forex asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Inspektorat Kabupaten Lumajang, terus melakukan pendalaman menindaklanjuti laporan warga Desa Karangsari Kecamatan...

Komentar