Dulunya Tak Terawat dan Dipenuhi Rumput Liar, Sebuah Kebun di Jember Kini Disulap Menjadi Agrowisata Pinus PGG Cluster Durian

Foto: Sugianto Perintis Wisata "Agrowisata Pinus PGG Cluster Durian".
1463
ad

MEMOonline.co.id. Jember - Kebun yang penuh dengan rumput liar dan pohon pinus kini "Disulap" menjadi sebuah objek wisata alam "Agrowisata Pinus PPG Cluster Durian".

Wisata Agrowisata Pinus PPG Cluster Durian tepatnya di sebelah utara Jalan Raya Banyuwangi di sebelah timur peternakan Raja Domba di Dusun Curah Damar, Desa Sidomulyo,Kec/Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Obyek wisata yang diberi nama Agrowisata Pinus PPG Cluster Durian tersebut juga dilengkapi beberapa gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat dan berfoto (selfi).

Perlu diketahui perintis taman Wisata Agrowisata Pinus PPG Cluster Durian yakni Sugianto warga setempat yang tak tamat SD itu.

Selain itu, patut dicontoh pria berusia 42 tahun ini merintisnya tanpa bantuan dari pemerintah.

Tak hanya itu untuk modalnya dari hasil jerih payahnya sendiri bersama pemuda Desa Sidomulyo yang tergabung dalam suatu komunitas.

Sugianto memulainya sejak 2019 silam. Kala itu, lokasi wisata tersebut masih berupa lahan mati alias tak ada aktifitas ekonomi sama sekali.

"Alhamdulillah kami bersama komunitas bisa mengelolah tempat yang kumuh menjadi tempat wisata,"Tutur, Yanto saat ditemui Jurnalis MEMOonline, Kamis 19/1/2023.

Sugianto mengatakan bahkan lokasi ini kerapkali dijadikan tempat berbuat kotor oleh kawula muda.

"Kebun di area sini banyak ditempati anak muda, apalagi di lokasi yang dibawah sungai,"ungkapnya.

Ide untuk memberdayakan area tak berguna menjadi tempat yang mampu meraup keuntungan bagi warga setempat.

Lebih lanjut kata dia, ia mengamati bahwa, setiap lokasi bisa dikelola dengan baik sehingga bisa mengundang wisatawan.

Imbasnya, UMKM di wilayah setempat bisa menjadi lebih berkembang. Warga sekitar bisa menjadi lebih baik secara ekonomi.

Pihaknya berjanji area obyek wisata tersebut kedepan akan terus ditingkatkan, sehingga terlihat lebih luas dan lebih aman dan nyaman,"Pungkasnya.

Penulis      :    Zainullah

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- “Emergency! Sangat penting.” Itulah pesan saya terima dari asisten. Ia menyela meeting saya hari...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah digelar acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

MEMOonline.co.id, Kalimantan Timur - Madura United sebagai tim tamu melibas tuan rumah Borneo FC dengan 4 gol tanpa balas dalam laga pekan ke-31 BRI...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Andre Parmonangan P atau yang lebih dikenal Andre adalah seorang dokter dan content creator asal Indonesia yang lahir di...

Komentar