Peringatan Idul Adha 1443 H, SPI Kota Batu Bagikan Daging Kurban

Foto : Siswa SPI saat memasak daging kurban
1315
ad

MEMOonline.co.id. Kota Batu  - Pada Hari Raya Idhul Adha 1443 H di Sekolah SPI Kota Batu menyembelih dan pembagian daging hewan kurban. Senin (10/7/2022). Hal itu dilakukan setelah Sholat Ied Idul Adha pada Minggu (10/7/2022), namun dibeberapa lembaga sekolah di Kota Batu melakukan pembagian hewan kurban pada Senin (11/7/2022).

Diantaranya SMA SPI Kota Batu. Dra. Risna Amalia Kepala SMA SPI mengatakan, penyembelihan dan pembagian daging hewan sengaja dilakukan pada Senin, (11/7/2022) karena saat hari raya memberi kesempatan anak didiknya untuk sholat Idul Adha bersama.

"Pada pelaksanaan kurban ini, panitia baik guru dan perwakilan siswa bisa fokus dengan kegiatan di sekolah," kata Risna.

Risna menyebutkan, di lembaga sekolahnya yang berada di Jalan Raya Pandanrejo No.2, Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, menyembelih hewan kurban kambing karena ada 60 persen Siswa SPI yang beragama Islam.

"Kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran bagi anak didik SPI seperti dalam tauziah yang disampaikan Guru Agama Islam di Sekolah SPI terkait hikmah hari raya kurban," ujarnya.

Meski demikian, kata Risna, kurban bagi umat Islam adalah ungkapan terima kasih kepada Allah atas limpahan rezeki dengan cara berbagi makanan berharga kepada mereka yang tidak mampu.

"Sejatinya, kurban bukan hanya seremonial belaka untuk menjaga tradisi, melainkan tersimpan makna mendekatkan diri kepada Allah. Selain menaati perintah Allah, kurban Idul Adha juga sebagai ajang berbagi daging kepada fakir miskin yang membutuhkan," tuturnya.

Lebih lanjut ia katakan, penyembelihan kurban menurut Islam adalah untuk memadamkan ego dan keinginan pribadi kepada Allah.

"SPI sengaja melaksanakan kurban hari Senin, karena hari Minggu cukup banyak kegiatan dan siswa serta mahasiswa bisa fokus mengikuti sholat Idul Adha. Untuk itu pihak sekolah menyiasatinya dengan tidak melakukan pada hari H," ungkapnya.

Ia menambahkan, penyembelihan kambing dan dagingnya dibagi dengan sasaran penerima anak didiknya yang ada di asrama dan guru.

"Karena yang disembelih hewan, diharapkan anak didiknya bisa menghilangkan nafsu hewan sehingga menjadi anak yang berakhlak mulia," pesannya.

Penulis      :    Kharis

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Surabaya- Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII yang dilaksanakan di Kota Surabaya pada Kamis 25 April 2024, Kementerian...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Pemerintah Kota Bekasi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Formkopimda) Kota Bekasi menyelenggarakan upacara...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, Kaliboto Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto Serka...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dalam upaya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, TNI dan warga Desa Karanganyar Kecamatan Yosowilangun Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kapolsek Klakah AKP Khoirin Hariyanto, mengapresiasi internal PT. KAI Daop 9 khususnya Kepala Stasiun Klakah, dalam ranah...

Komentar