Pembentukan P2KD Dinilai Cacat Hukum, Pilkades Tanah Merah Laok Resmi Ditunda

Foto : Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron
283
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Tanah Merah Laok resmi ditunda. Hal tersebut diputuskan setelah banyaknya desakan dari berbagai pihak.

Hal tersebut tertuang melalui surat keputusan bupati nomor 188.45/103/ kpts/433.013/2021 tentang penundaan pelaksanaan pilkades Desa Tanah Merah Laok, Kecamatan Tanah Merah.

Dalam surat itu Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mengatakan penundaan dilakukan atas desakan berbagai pihak termasuk Forkopimda untuk menunda pemilihan tersebut di gelombang dua yakni di 2022 mendatang.

"Desakan dan tuntutan penghentian tersebut didasarkan pada dugaan tidak netralnya panitia penyelenggara serta adanya eskalasi konflik yang berpotensi meluas," ujarnya, selasa (20/4/2021).

Selain itu, pembentukan P2KD diduga cacat hukum, sebab pemilihan yang dilakukan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak dilakukan secara terbuka dan beberapa komposisi didalamnya dipertanyakan netralitasnya.

"Sejak 16 april lalu, sesuai keputusan untuk P2KD Desa Tanah Merah Laok telah dinyatakan bubar, seluruh hasil dan prosesnya dinyatakan batal sehingga pilkades di desa tersebut ditunda pada gelombang kedua," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) Bangkalan mengatakan terdapat dua desa yang batal melakukan Pilkades tanggal 2 mei mendatang. Sehingga jumlah yang semula sebanyak 120 desa, kini menjadi 118 desa.

"Dua desa yang masuk gelombang kedua yakni Desa Tanah Merah Laok dan Desa Dlambah Dajah, Kecamatan Tanah Merah," tandasnya.

Penulis: Julian

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Bandung - Dengan skor berakhir 1-0, akhirnya Madura United belum menambah poin setelah dikandaskan Bhayangkara FC dalam laga pekan...

MEMOonline.co.id, Malang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Perkumpulan Media Online Indonesia ( MOI ) ke-3, kali ini MOI Malang Raya turut...

p>MEMOonline.co.id, Probolinggo– Sebanyak 40 orang pengurus dan pengawas koperasi berbasis perempuan dari 20 koperasi di Kabupaten Probolinggo...

MEMOonline.co.id, Probolinggo -- Tampil dengan seragam kebanggaan warna putih kombinasi merah, wadah wartawan Kabupaten/ Kota Probolinggo kumpul...

MEMOonline.co.id, Jember - Sejumlah Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati ( PSHT ) Jember, bahu- membahu dengan masyarakat dalam menerjunkan lima...

Komentar