Serius Tangani Masalah Stunting, Dinas Kesehatan Pamekasan Gelar Rapat Advokasi Lintas Sektoral

Foto: Dinas Kesehatan Pamekasan saat Mengelar Rapat Advokasi Lintas Sektoral
2960
ad

MEMOonline.co.id, Pamekasan -  Untuk menseriusi penanganan masalah Stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan mengadakan rapat sosialisasi Lintas Sektor dan Program di Gedung PKPRRI Jl. Kemuning, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (24/6/2019).

Acara yang dipimpin langsung oleh Plt. Kadinkes Pamekasan, Dr. Farid Anwar M. Kes, mengambil tema Advokasi Untuk Mendorong Kebijakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menhadirkan narasumber dari Dinkes Kabupaten, Dinkes Provinsi Jatim, Bappeda Provinsi Jatim dan dari Word Bank.

Plt. Kadinkes Pamekasan, Dr. Farid Anwar melalui Kasi Promosi Kesehatan (Promkes) Rizki Syamlan mengatakan bahwa, pertemuan lintas sektor dan program Advokasi PHBS ini dalam rangka untuk menurunkan Stunting di Kabupaten Pamekasan.

"Tujuannya dari acara ini yaitu, adanya komitmen dari pemangku kebijakan dalam rangka mengatasi masalah kesehatan utamanya penurunan Stunting di Kabupaten Pamekasan," terangnya. 

Menurut dia, selain bertujuan untuk penurunan Stunting, dirinya berharap untuk selanjutnya ada koordinasi dan komunikasi antar Instansi terkait dengan baik dan berkelanjutan, selain itu ada dukungan kebijakan dan regulasi terkait penurunan Stunting.

"Untuk kondisi Stunting di Kabupaten Pamekasan adalah 44,1% yaitu posisi nomor 2 dari 38 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur," ungkapnya.

Rizki Syamlan melanjutkan bahwa, untuk pencegahan Stunting itu sendiri yaitu dengan cara melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh semua masyarakat.

"Jadi untuk PHBS seharusnya dilakukan oleh semua masyarakat, karena dari 10 Indikator PHBS ada 7 Indikator yang bisa mencegah dan menurunkan angka Stunting, diantaranya yaitu, persalinan yang dilakukan di fasilitas kesehatan, pemberian Asi ekslusif pada bayi, rajin menimbang bayi di Posyandu, cuci tangan pakai sabun dengan menggunakan air bersih yang mengalir, menggunakan jamban sehat dan makan buah dan sayur setiap hari," pungkasnya. (M. Halili)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Kegiatan bagi - bagi takjil gratis yang dilakukan Pemkab Sumenep bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD,...

MEMOonline.co.id- Sejarah telah mencatat, agama Kristen berperan besar dalam pembentukan peradaban dunia Barat. Umat Kristen Protestan pun telah...

MEMOonline.co.id, Surabaya- Dalam perkembangan mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, otorita telah memberikan ultimatum kepada masyarakat...

MEMOonline.co.id, Kabupaten Bekasi- Rekapitulasi suara di Kabupaten Bekasi telah usai, PDIP dipastikan mengisi 8 kursi DPRD Kabupaten Bekasi setelah...

MEMOonline.co.id, Kabupaten Bekasi- Sebanyak 55 Caleg yang bertarung di Pemilu 2024 lalu potensial mendapatkan kursi DPRD Kabupaten...

Komentar