Di Momentum Hari Kartini, Kopri PC PMII Sumenep Bilang 'Silahkan Pakai Kebaya Namun Jangan Lupa Budaya'

Foto: Nurwaida, Ketua Kopri PC PMII Sumenep
149
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep  - Hari Kartini secara rutin diperingati tiap tanggal 21 April tiap tahunnya. Untuk tahun 2022 ini, momentum Hari Kartini jatuh pada bulan suci Ramadan.

Di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sendiri, Hari Kartini merupakan momentum yang selalu di ingat oleh setiap kalangan muda-mudi, khususnya organisasi perempuan.

Termasuk pula dari Korp Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (Kopri) Sumenep, yang memang fokus dan getol dalam mengembangkan intelektual dan gerakan perempuan sesuai dengan zamannya.

"Momentum hari kartini yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan ini kami sangat bersyukur sekali karena bisa melaksanakan kegiatan yang positif dan bernilai ibadah karena Allah SWT," kata Ketua Kopri PC PMII Sumenep, Nurwaida, Kamis (21/04/2022).

Momentum perayaan hari Kartini yang identik dengan beramai-ramai memakai baju kebaya, ia menilai sah-sah saja dilakukan untuk mengenang titah R.A Kartini.

"Dalam konteks budaya menurut saya sah-sah saja jika kebanyakan orang memperingati hari Kartini dengan memakai kebaya tersebut, untuk mengenang titah beliau dalam membuat perubahan, tanpa meninggalkan budaya yang ada di lingkungan sekitarnya," ujar Waida.

Maka dari itu, sambung dia, pemuda hari ini bisa mengambil ibrah (pengalaman) dari R.A Kartini bahwasanya mindset boleh berubah, namun gaya hidup harus tetap bisa menyesuaikan dengan karakter dan kebutuhan masing-masing.

Waida juga tak segan menyebut wacana kesetaraan gender hari ini sudah di buka selebar-lebarnya bahkan seluruh dunia sudah tau bahwa hak laki-laki dan perempuan sudah setara, baik itu di bidang pendidikan hingga sampai tingkat jabatan.

"Bedanya hanya ada pada tingkat pengaplikasiannya yang kadang berbanding terbalik di negeri ini, karena masih belum selesai dengan budaya patriarki yang mengakar di kalangan masyarakat bawah, menengah, dan atas," tegasnya.

Sementara ia menilai, generasi milenial hari ini telah dirasa mampu mendongkrak cita-cita Kartini dengan mampu menghadapi terpaan ombak dan angin di lingkungan sekitarnya.

"Harapan kami yang terpenting konsisten dalam membuat perubahan dari hal kecil, kemudian menjadi hal yang dapat bermanfaat bagi orang lain," tukasnya.

Perlu diketahui, dalam rangka memperingati hari Kartini di bulan yang suci ini, Kopri PC PMII Sumenep akan melaksanakan Khatmil Qur'an secara virtual sekaligus pembacaan doa dan dilanjutkan dengan buka bersama.

Tak hanya itu, demi penguatan ibadah pada Ramadan tahun ini, Kopri PC PMII Sumenep juga melakukan kegiatan rutinitas berupa kajian kitab tentang perempuan dan penguatan aqidah dengan mengingat aqoid yang 50 sebagaiman termaktub dalam kitab aqidatul awal.

Penulis      :   Satrio

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Isma

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Bekasi - Seminar Nasional Digitalisasi Dunia Pendidikan yang digagas Forum Komunikasi Mahasiswa...

MEMOonline.co.id.Sumenep - Sebanyak 167 atlet asal Kabupaten Sumenep berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi...

MEMOonline.co.id.Sampang - Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi...

MEMOonline.co.id. KEPULAUAN SERIBU - Dewan Pimpinan Wilayah Srikandi Pemuda Pancasila DKI Jakarta selalu bergerak untuk mengembangkan dan...

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Dua atlet KONI Bangkalan dari cabang olahraga Sambo berhasil membawa dua medali...

Komentar