Minggu Besok, Festival Tahunan Nelayan "Rokat Tasek " Akan Digelar di Kecamatan Pasongsongan 

Foto: festival tahunan rokat tase' di pasongsongan
1085
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep – Setelah pada tahun 2018 lalu sukses menggelar Festival Nelayan Rokat Tasek’ di Kecamatan Pragaan, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan kembali menggelar festival serupa di Kecamatan Pasongsongan.

Rangkaian promosi wisata Visit Sumenep 2019 itu, akan digelar pada Minggu (24/11/2019), bertempat di Pelabuhan Perikanan Pasongsongan. 

Rokat Tase’ sendiri merupakan kekayaan tradisi lokal masyarakat nelayan bagian dari sejarah dan budaya nusantara.

Ada banyak rangkaian kegiatan dalam festival ini, mulai dari yang bernuasa keagamaan, hiburan budaya hingga bakti sosial. 

Diantaranya ada khataman Al-Qur’an, pagelaran musik tong-tong, saronen, tari topeng, sandur, macapat hingga bersih-bersih pantai.

Kegiatan itu rencananya akan dihadiri pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, dan akan dibuka Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Kelautan Kabupaten Sumenep Moh. Ibnu Fajar mengungkapkan, pada malam hari sebelum kegiatan akan dilaksanakan khataman Al-Qur’an. Baru pada Minggu pagi akandilaksanakan bersih-bersih pantai yang melibatkan siswa SD se-Kecamatan.

“Nanti ketika para tamu dan pejabat Forkopimda datang kami sudah siapkan musik tongtong ul-daul dan tari-tarian untuk mengiringi dan melihat kuliner tradisional khas pesisir,” katanya. Jumat (22/11/2019).

Fajar menambahkan, dalam rangkaian kegiatan rokat tase’ tersebut juga akan dilakukan pemberian beberapa bantuan. 

Diantaranya bantuan asuransi, pemberian kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSKA), kartu Pas kapal dan sebagainya. (Satrio/diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Bekasi - Seminar Nasional Digitalisasi Dunia Pendidikan yang digagas Forum Komunikasi Mahasiswa...

MEMOonline.co.id.Sumenep - Sebanyak 167 atlet asal Kabupaten Sumenep berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi...

MEMOonline.co.id.Sampang - Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi...

MEMOonline.co.id. KEPULAUAN SERIBU - Dewan Pimpinan Wilayah Srikandi Pemuda Pancasila DKI Jakarta selalu bergerak untuk mengembangkan dan...

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Dua atlet KONI Bangkalan dari cabang olahraga Sambo berhasil membawa dua medali...

Komentar