Mendagri Imbau Kepala Daerah Segera Salurkan Anggaran Pilkada Serentak 2024

Foto: Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat konferensi pers
163
ad

MEMOonline.co.id, Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengimbau seluruh kepala daerah untuk segera menyalurkan anggaran Pilkada Serentak 2024 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Hal ini disampaikan oleh Mendagri dalam konferensi pers setelah Rapat Evaluasi Tahapan Pemilu Serentak 2024 bersama Komisi II DPR, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Rabu (15/05/2024).

"Saya mohon bantuan rekan-rekan media untuk menyampaikan kepada seluruh kepala daerah mengenai pentingnya penyaluran anggaran ini," ujar Mendagri.

Mendagri menjelaskan bahwa jumlah anggaran Pilkada yang harus disalurkan mengacu pada Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang telah disepakati antara pemerintah daerah (Pemda) dengan penyelenggara dan aparat keamanan.

Sesuai dengan kesepakatan tersebut, Pemda diwajibkan menyalurkan minimal 40 persen anggaran pada tahun lalu dan 60 persen sisanya pada tahun ini.

"Kami telah mengecek pencairan anggaran Pilkada di setiap daerah dan menemukan bahwa masih ada penyelenggara Pilkada yang belum menerima anggaran tersebut," kata Mendagri.

"Kami akan terus mendorong daerah-daerah tersebut agar segera menyalurkan anggarannya."

Mendagri menekankan pentingnya segera mentransfer anggaran kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) mengingat waktu yang semakin singkat menuju Pilkada.

"Waktunya sudah tinggal lima bulan lagi, dan KPUD perlu melakukan banyak persiapan, termasuk pengadaan logistik dan pembayaran lainnya," jelasnya.

Di samping itu, Mendagri mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2024 yang sejauh ini berjalan aman dan lancar.

Proses penyelesaian gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) juga berlangsung baik tanpa adanya konflik kekerasan yang berarti.

Meski demikian, ia mengakui masih terdapat beberapa masalah seperti bencana alam di beberapa daerah dan konflik kecil di Papua.

"Secara keseluruhan, Pemilu yang berlangsung pada 14 Februari lalu serta tahapannya berjalan dengan cukup baik, aman, lancar, dan kondusif," tandas Mendagri.

Penulis     :   Puspen Kemendagri

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Labuan Bajo- Abdul Haris atau yang lebih dikenal Xmistersun_ adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah, mengingatkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak menjadi tim sukses...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Sebanyak 1002 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 27 Kecamatan se-Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, kembali...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Rutin menggelar kegiatan tahunan, Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba) Madura, Jawa Timur, menggelar Uniba Festival secara...

Komentar