Rugikan Negara Rp 2 Miliar, Pendamping PKH dan Istri Kades Dibekuk

Foto : Pelaku
1366
ad

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan kembali mengamankan dua pelaku penyalahgunaan penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Kelbung Kecamatan Galis, Bangkalan. Bahkan, nilai kerugiannya mencapai Rp 2 miliar.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Bangkalan, Dedi Frangky mengatakan, dua orang tersebut yakni berinisial NZ yang bertugas sebagai pendamping PKH serta istri Kepala Desa Kelbung berinisial SU.

Dedi mengatakan, modus yang dilakukan keduanya yakni dengan mengambil kartu PKH yang dimiliki oleh 300 warganya. Kartu tersebut kemudian dicairkan dan digunakan untuk kebutuhan pribadi kedua pelaku.

"Jadi dari kejadian tersebut, kerugian sementara mencapai Rp 2 miliar yang diambil pelaku dari 300 penerima PKH," jelasnya, Selasa (28/6).

Ia juga mengatakan, aksi tersebut dilakukan oleh pelaku sejak tahun 2017 hingga tahun 2021. Keduanya bersekongkol dan membagi hasil dari kartu PKH yang diambil.

"Sebagian kartu PKH dipegang pendamping sebagian lagi dipegang oleh istri kades itu," ungkapnya.

Dedi mengaku, sebelumnya dua pelaku tersebut telah dimintai keterangan sebagai saksi sebanyak 3 kali. Keduanya, menjalani pemeriksaan setelah adanya laporan dari masyarakat terkait penyalahgunaan tersebut.

"Tiga kali kita panggil lalu saat ini kami lakukan penahanan dan tetapkan sebagai tersangka," imbuhnya.

Kini, pihak Kejari melakukan pengembangan kasus tersebut untuk mengungkap keterlibatan pelaku lain yang ikut menerima aliran dana tersebut.

Penulis      :    Julian

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Sumenep - DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar sidang paripurna Istimewa, Selasa (16/8/2022)....

MEMOonline.co.id. Bekasi - Jika pemerintah tidak menindak tegas dan tidak memberikan sanksi hukum yang berat kepada perusahaan...

MEMOonline.co.id. Lumajang - Upaya Satresnarkoba Polres Lumajang Jawa Timur dalam menekan peredaran sabu, bukan sekedar...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Dalam rangka mewujudkan kepeduliannya pada petani, Pemerintah Kabupaten Sumenep,...

MEMOonline.co.id. Sampang - Bupati Sampang H Slamet Junaidi bersama Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat bersama...

Komentar