Serka Suyanto Hadiri Pengajian Umum, Penutupan Khotmil Qur'an dan Sholawat Nariyah

Foto: Pengajian
3343
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Dalam rangka kegiatan Penutupan Khotmil Qur'an dan Sholawat Nariyah Bersama Para Huffadh Jum'at Kliwon yang digelar di Pendopo Kecamatan Lenteng tepatnya di Desa Ella Laok Kecamatan Kabupaten Sumenep Madura-Jawa Timur. Jum'at, (16/3/2018).

Hadir ditengah-tengah Babinsa Desa Ella Laok Koramil 0827/05 Serka Suyanto yang mana mewakili Komandan Koramil 05/Lenteng Kapten Inf. Warudi yang tidak dapat hadir karena sesuatu hal. Dalam kehadirannya Babinsa Ramil 0827/05 Lenteng Serka Suyanto tidak lain untuk berbaur bersama warga binaan dengan harapan keikutsertaan dalam berbagai bentuk kegiatan nantinya dapat mendukung untuk melaksanakan tugas Pokok sebagai Babinsa.

Adapun susunan acara yang digelar Khotmil Qur'an dan Sholawat sebagai Penanggung Jawab KH. Abd. Rahem Usymuni, diawali dengan pembukaan pembacaan Al-Fatihah yang dipimpin oleh KH. Moh. Ilyas. Dilanjutkan Tahlil bersama yang dipimpin oleh KH. Moh. Ali Syakir. Setelah kegaitan tahlil berlanjut Sholawat Nariyah yang dibacakan atau dipimpin oleh KH. Abul.

Menginjak pada Sambutan Camat Lenteng Joko Satrio, S.IP, M.Si., pada intinya dalam penyampaiannya, ucapan banyak terima kasih kepada hadirin semuanya dan Alhamdulillah pada saat ini kita dapat hadir bersama dalam acara puncak Khotmil Qur'an dan Sholawat Nariyah.

"Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 31 majelis yang dihadiri oleh 150 hafidz dan hafidzah yang dimulai tadi malam setelah maghrib dan selesai ba'da sholat Jum'at", terang Camat Lenteng.

Saya ucapkan terima kasih juga atas partisipasinya kepada 31 titik majelis meliputi para Kepala Desa dan masyarakat yang bersama-sama kita laksanakan Khotmil Qur'an dengan lancar. Juga ucapan terima kasih kepada seluruh para hafidz dan hafidzah yang sudah hadir menyempatkan waktu untuk mengkhatamkan Al-Qur'an di Kecamatan Lenteng. Kami hanya ingin mendapatkan barokah dari Khotmil Qur'an ini karena saya sendiri selama setahun belum tentu bisa mengkhafal Al-Qur'an. "ungkap Joko Satrio".

Saya mewakili 31 majelis mohon maaf kepada hafidz dan hafidzah selama melayani mungkin banyak kekurangan, kami sudah berusaha menyiapkan 31 majelis ini agar kegiatan Khotmil Qur'an tidak mengalami kendala. Kegiatan seperti sudah sering dilaksanakan cuma baru sekarang sebelum pelaksanaan ini saya khawatir takut kami tidak bisa maksimal dalam melayani kegiatan khatam Al-Qur'an.

Sambutan penanggung jawab Khotmil Qur'an yang disampaikan langsung oleh KH. Abd. Rahem Usymuni yang intinya Saya mewakili pengurus mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan tempat pelaksanaan Khotmil Qur'an ini.

Saya harap dengan dilaksanakan Khotmil Qur'an ini bisa mendapat barokah dari Al-Qur'an dan tambah meningkatkan Iman kita kepada Allah SWT. Kegiatan ini Insyaallah akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan dengan berpindah-pindah ke kecamatan dengan maksud agar masyarakat di setiap kecamatan di Kab. Sumenep dapat berkah dari Al-Qur'an.

"Di sini adalah Kecamatan ketiga tempat pelaksanaan kegiatan khotmil Qur'an setelah Kecamatan Dungkek dan Kecamatan Batang-Batang. Semoga Pak Camat dapat barokah dari Al-Qur'an, dan kami harap Kepala Desa juga bisa melaksanakan Khotmil Qur'an ini", harapannya.

Saya punya cita-cita untuk menaikkan haji hafidz dan hadifzah yang aktif, dan sudah ada rencana 2 hafidz dan 1 hafidzah yang akan berangkat haji. Saya mewakili pengurus mohon maaf apabila hafid dan hafidzah selama di lokasi majelis menimbulkan kerepotan bagi tuan rumah. Semoga kegiatan Khotmil Qur'an ini mendapat barokah kepada kita semua. Amiin.

Acara inti ceramah agama yang disampaikan oleh KH. Moh. Tamim Sofyan Miftahul Arifin diantaranya

Ucapan Alhamdulillah, Allah telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk mengangungkan Al-Qur'an baik yang membaca maupun mendengarkan dan bagi juga melayani dalam mengkhatam Al-Qur'an.

"Sungguh sangat barokah bagi yang sudah mengangungkan Al-Qur'an karena Al-Qur'an memiliki kekuatan bagi kita. Setiap huruf pada Al-Qur'an mempunyai pengaruh yang luar biasa masih belum dengan artinya", jelas KH. Moh. Tamim.

Apabila kita membaca Al-Qur'an dalam sholat akan menimbulkan kekuatan yang sangat berarti. Al-Qur'an tidak bisa dipisahkan dengan Nabi Muhammad, tidak bisa kita membaca Al-Qur'an namun tidak mencintai Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Kita membaca dan menghafal Al-Qur'an sama dengan kita menghormati kanjeng Nabi Muhamad. Semoga kita dapat rejeki dan termasuk Ahqul Qur'an karena Ahqul Quran merupakan umat manusia yang disayangi oleh Nabi Muhammad.

Semoga Al-Qur'an menjadi kehidupan bagi kita yang lebih baik. Kita diberi Al-Quran untuk dijadikan pedoman hidup, barang siapa yang membaca Al-Qur'an dengan ikhlas dan tawaduk akan mengubah kemasyarakatan kita dengan sesama umat manusia.

Janji Nabi Muhammad SAW bahwa manusia yang yakin ada yang lebih baik dari Al-Qur'an adalah orang yang buruk sangka kepada Allah, orang tersebut akan mendapat laknat dari Allah karena sudah tidak yakin dengan kitab Allah. Hubungan manusia dengan Allah, barang siapa yang berpaling dari Allah, Al-Quran dan Nabi Muhammad SAW akan diberi kesempitan hidupnya meskipun kaya raya, pejabat namun tidak diberi kehidupan yang baik dari Allah.

"Mari pererat kita dengan Allah, baca Al-Qur'an dan amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari, Insyallah kehidupan kita mendapat berkah dari Allah, Amien...", tutupnya.

Penutupan Khotmil Qur'an dan Sholawat Nariyah tersebut pada pelaksananya dihadiri oleh jemaah kurang lebih 300 orang. Adapun yang hadir dalam acara tersebut diantaranya Camat Lenteng Joko Satrio, S.IP, M.Si., Kapolsek Lenteng AKP Jawali, Danramil 0827/05 Lenteng yang diwakili oleh Serka Suyanto, Penceramah KH. Moh. Tamim Sofyan Miftahul Arifin Pengasuh Ponpes Sumber Bunga Situbondo, Ketua Khotmil Qur'an dan Sholawat Nariyah Drs. Ahmad Rusydi. M.Pd., Para Ulama, Kiyai, tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kec. Lenteng. Pengurus Khotmil Qur'an dan Sholawat Nariyah Kab. Sumenep, Kepala Desa dan perangkat desa se-Kec. Lenteng, Hafidz dan Hafidzah, Masyarakat sekitar Kantor Kec. Lenteng. (*)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Warga nyalabu menangkap seorang pria yang diduga pencuri. Minggu (7/8/2022) Sore sekitar pukul 17....

MEMOonline.co.id. Bekasi - Sungguh sial nasib tenaga kesehatan (Nakes) yang telah berjuang untuk masyarakat di saat pandemi Covid-19...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Deklarasi Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) dihadiri ribuan petani...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Hasil mengecewakan kembali diraih Persik Kediri saat tandang ke markas Madura United dalam...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Derby Jawa Timur antara Madura United vs Persik Kediri yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu...

Komentar