BNPT: Bersama Melawan Radikalisme & Terorisme di Dunia Maya

Foto: kegiatan BNPT di Minahasa
809
ad

MEMOonline.co.id, Minahasa - Antisipasi penyembaran radikalisme dan terorisme di dunia maya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Utara menghadirkan Aparatur Kelurahan dan Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Awak Media di Kabupaten Minahasa. 

Peserta yang berjumlah 95 orang mengikuti Kegiatan Rembuk Aparatur Kelurahan Dan Desa Tentang Literasi Informasi melalui FKPT Sulawesi Utara yang diselenggarakan di Tasik Ria Resort tanggal 08 Agustus 2019.

James Tulangao selaku Ketua FKPT Sulawesi Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk penggalangan masyarakan dan pemerintah daerah, khususnya Aparatur Kelurahan dan Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Awak Media untuk bersama-sama melawan radikalisme & terorisme di dunia maya.

“Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat harus bersinergi dalam mengantisipasi dan pencegahan radikalisme & terorisme. Dalam kegiatan ini kami menghadirkan narasumber ahli guna memberikan pemahaman kepada peserta bahaya dan pola perkembangan radikalisme & terorisme di dunia maya” jelas James.

Turut hadir sebagai narasumber adalah Roedy Widodo (Kasubdit Pemulihan Korban BNPT), Yosep Adi Prasetyo (Mantan Ketua Dewan Pers) dan Narasumber dari Daerah.

Roedy Widodo dalam paparannya menyampaikan perlunya melawan terorisme di dunia maya. Setidaknya Roedy menyampaiakan 7 poin penting terkait langkah-langkah dalam menghalau raadikalisme & terorisme di dunia maya:
1.  Melakukan perlawanan narasi (counter narrative) yang disebarkan oleh kelompok radikal teror.
2.  Mencegah proses radikalisasi yang terjadi melalui media internet (radikalisasi online).
3.  Mencegah konten-konten negatif yang berupa provokasi, penyebaran kebencian, permusuhan, dan ajakan kekerasan yang mengarah pada tindakan teror
4.   Membentengi masyarakat dari keterpengaruhan ideologi dan indoktrinasi kelompok teror melalui dunia maya.
5.  Meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk menolak paham teror (terorisme) melalui kegiatan literasi media.
6.  Memperkaya khazanah pengetahuan masyarakat dengan perbandingan informasi yang kredibel dan konten edukatif yang mencerahkan.
7.  Menjalin sinergitas seluruh komponen bangsa, khusus para pegiat dunia maya, dalam mencegah penyebaran paham dan ideologi radikal.

“Idealnya pencegahan terorisme di dunia maya bukan menjauhkan internet dari masayarakat, melainkan bagaiamana mengubah dan cara pandang sebagai langkah preventif dalam pencegahan radikalisme dan terorisme terhadap masyarakat dengan edukasi informasi yang benar dan berkualitas” tambah Bupati Minahasa Ir. Roike Roring yang diwakili oleh Kasat. Pol PP Meidy Rengkuan dalam sambutannya.

Yosep Adi Prasetyo Mantan Ketua Dewan Pers juga membeberkan antara perbedaan junalistik dan non jurnalisti kepada seluruh peserta yang hadir. Agar peserta tidak salah dalam menerima dan membagikan informasi. Juga diharapkan agar peran peserta tidak tidak hanya sampai kegiatan ini, melainkan mensosialisasikan apa yang didapat kepada keluarga, tetangga bahkan lingkungan.

“Jurnalistik adalah media konvensional (Telivisi, Radio dan Media Cetak) dan media baru (Streaming dan Online), sedangkan non jurnalistik yaitu media sosial (Blog, Twitter, Facebook, Instagram dan Dark Sosial)” tutup Yosep Adi Prasetyo. (M Aras P)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Jember- Bupati Jember Hendy Siswanto melaksanakan program Jember Bershodaqoh (J-Bershodaqoh) di Kecamatan Balung yang meliputi 8...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

Komentar