Gadis Muda Madiun Siap Menjadi Bacaleg DPRD Propinsi Jatim

Foto : Ghina Rabbani Wasisto Caleg DPRD Jatim Dapil Pasuruan Probolinggo
1231
ad

MEMOonline.co.id, Probolinggo- Ghina Rabbani Wasisto (24) asal Madiun sosok gadis muda yang menjadi salah satu bakal calon legislatif (bacaleg) termuda dari PDI Perjuangan yang akan maju di Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Jatim di 2024 dapil Pasuruan Probolinggo, Senin (28/8/2023).

Dia baru saja lulus dari studinya di Jurusan Politik Universitas Padjajaran sekitar awal 2023. Meskipun begitu, Ghina sudah mempunyai nyali untuk bersaing sebagai Bacaleg DPRD Jatim di Pemilu 2024 nantinya.

Saya mungkin yang termuda dari partai PDIP, mewakili keterwakilan perempuan dan juga kaum milenial,” ujarnya saat gelar acara silaturahmi di kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

Bacaleg milenial rupanya memang masih jadi salah satu ujung tombak partai dalam kontestasi Pileg. Pasalnya, jumlah pemilih muda di Jatim sendiri cukup besar. Berdasarkan data KPU Provinsi Jatim, dari jumlah daftar pemilih tetap sejumlah 31,4 juta orang, sebanyak 27 persennya adalah pemilih muda. Tidak heran bila banyak partai, termasuk PDIP, yang mengusung bacaleg milenial.

Ghina sendiri mengaku masih optimistis bisa bersaing dengan para bacaleg “senior”. Dia yakin dengan kemampuannya sebagai kaum muda bisa membawa ide-ide baru yang segar dan inovatif. Apalagi dia memang dipilih partai berlambang banteng ini untuk maju sebagai perwakilan perempuan dalam politik.

“Di Jawa Timur ini kekurangan bacaleg perempuan. Saya sebagai kaum muda, tetap ikhtiar merebut suara meskipun di dapil yang bukan basis PDIP,” ucapnya.

Kaikutsertaan Ghina di kontestasi Pemilu 2024 sendiri bukan tanpa alasan. Dia ingin melawan stereotipe anak muda para era modern saat ini yang apatis terhadap politik. Dia ingin membuktikan bahwa anak muda sangat bisa berkiprah dalam kancah politik.

Wanita muda kelahiran Madiun yang besar di Bekasi ini juga ingin berkontribusi besar dalam pembangunan di Jatim sebagai daerah kelahirannya. “Saya tertarik dengan dunia politik bahkan sejak SMA, lanjut kuliahnya juga politik. Politik itu penting karena jalan yang menentukan masa depan kita anak muda saat ini dan bangsa,”tuturnya.

Dirinya sangat yakini bahwa masa muda harusnya dilihat sebagai potensi oleh kaum milenial untuk melakukan hal positif yang berdampak pada banyak orang. Bukan menjadi kaum rebahan seperti stigma yang dilekatlan pada anak-anak gen-Z. “Kalau tidak ada milenial yang terjun politik, siapa yang akan menyerap aspirasi anak-anak muda?,” tegasnya.

Ghina memperkirakan ia bisa meraih hingga 50.000 suara di Dapil Pasuruan-Probolinggo. Meskipun bukan dibesarkan di Jatim, dia masih optimistis karena punya jaringan milenial dan kaum ulama yang cukup berpengaruh, sehingga masih berpeluang besar mengisi salah satu dari tiga kursi DPRD Jatim yang ditargetkan PDIP di 2024." Saya yakin pasti bisa meraih suara kaum milenial Probolinggo - Pasuruan," ringkasnya.

Penulis     :    Agus

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara 'Gala Dinner' melibatkan perwakilan partai politik peserta pemilu,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Kasus dugaan pencabulan oknum guru SD terhadap puluhan siswinya di Desa Kebunagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep melalui Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Moch. Indra Subrata, SH.MH memberikan...

MEMOonline.co.id, Jember- Dalam rangka mengimbangi Operasi Puri Agung 2024, yang bertujuan untuk pengamanan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, memberikan apresiasi tinggi terhadap kualitas pelayanan Poli Terpadu di...

Komentar