Diharapkan Menjadi Haji Mabrur, Ratusan CJH Asal Sumenep Dilepas Wakil Bupati

Foto: Wabup Sumenep, Dewi Khalifah Melepas CJH Asal Kabupaten Sumenep di GOR A Yani Sumenep
1303
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah melepas sebanyak 686 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Sumenep, Madura di GOR A. Yani Sumenep, Kamis (25/05/2023).

Beberapa hal penting disampaikan dalam sambutannya oleh Nyai Eva (sapaan akrab Wabup Sumenep) kepada seluruh CJH yang tergabung dalam 2 Kelompok Terbang (Kloter) 7 dan 8 tersebut.

"Selalu jaga persaudaraan dan kekeluargaan selama di perjalanan hingga di tanah suci karena semua berangkat dari Sumenep," ucap Nyai Eva.

Lebih lanjut Nyai Eva mengingatkan agar seluruh jamaah haji selalu menjaga kekeluargaan dan merawat kebersamaan selama menjalankan ibadah suci. Terlebih pihaknya juga mewanti-wanti agar tidak segan-segan memberikan bantuan apabila ada yang membutuhkan.

Selanjutnya, agar pelaksanaan haji selama di tanah suci dapat berjalan dengan baik dan lancar, para CJH juga diingatkan untuk tidak membuat kemudharatan dan menaati aturan yang telah ditetapkan Pemerintah Arab Saudi dan menghormati jamaah lain sesama tamu Allah SWT.

"Jangan mengambil keputusan sendiri-sendiri. Jamaah haji harus menjaga nama baik daerah dan negara dengan mematuhi aturan," lanjutnya.

Hal penting lainnya yang juga diwanti-wanti oleh Nyai Eva bagi para jamaah haji yakni menjaga kesehatan agar selama pelaksanaan Rukun Islam kelima itu dapat terlaksana dengan sempurna. Menurutnya, ibadah haji merupakan ibadah fisik yang mengharuskan kondisi fisik untuk terus prima agar semua rangkaian ibadah haji bisa dilaksanakan dengan baik.

"Jamaah haji harus mampu mengatur waktu saat kegiatan agar energi dan stamina tidak terkuras, demi menjaga kondisi kesehatan dan mental saat menjalani kewajiban di tanah suci," lanjutnya.

Pihaknya berharap, CJH asal Sumenep dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar, menjadi haji yang mambur dan kembali ke tanah air kembali dengan selamat.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep Chaironi Hidayat menambahkan, jamaah haji asal Kabupaten Sumenep 2023 sebanyak 686 jamaah dengan rinciannya Kloter 7 sebanyak 445 orang dan Kloter 8 sebanyak 241 orang.

Penulis     :    Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Satreskrim Polres Lumajang berhasil meringkus pelaku pemerasan dan pengancaman terhadap seorang sopir mobil Isuzu di...

MEMOonline.co.id, Jakarta - Laga antara Madura United vs Bhayangkara FC di pekan ke-27 BRI Liga 1 2023-2024 yang berlangsung di Stadion PTIK Jakarta,...

MEMOonline.co.id, Surabaya- Polda Jawa Timur bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melaksanakan Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kembali instansi kepolisian, hendak menggelar operasi terpusat. Kali ini dengan Sansi Ops Keselamatan Semeru 2024,...

MEMOonline.co.id- Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) GA/12408 untuk menangkal Islamophobia pada 15 Maret 2022 telah menyadarkan masyarakat...

Komentar