Demi Tingkatkan Ekonomi Peternak, Bupati Fauzi Gelar Lomba Kerapan Kambing

Foto: pecinta kerapan kambing saat memacu hewan ternaknya di lapangan.
1562
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Dalam rangka meningkatkan ekonomi para peternak, khususnya peternak kambing, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar lomba kerapan kambing, Minggu (12/03/2023).

Hal itu dilakukan, agar para peternak kambing kerapan di daerahnya, bersungguh-sungguh dalam merawat dan mengembangkan hewan ternaknya, agar memiliki nilai jual tinggi.

“Pecinta kerapan kambing benar-benar merawat kambingnya dengan baik, supaya menjadi juara di setiap perlombaan. Dan nantinya bisa dijual dengan harga tinggi,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, di sela-sela Kerapan Kambing, di Lapangan Tanjung Kecamatan Saronggi.

Sebab menurutnya, setiap kambing yang menjadi juara di setiap perlombaan, akan sangat menguntungkan pemilik atau peternaknya. Karena harga jualnya akan sangat mahal, sehingga ujung-ujungnya berdampak terhadap peningkatan ekonomi.

”Seekor kambing yang menjuarai lomba mempunyai harga jual tinggi dan tentu saja berimbas pada peningkatan ekonomi warga, terutama peternak kambing,” terang Bupati.

Bupati Achmad Fauzi seusai membuka lomba kerapan kambing menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan beberapa peserta kerapan kambing.

        Bupati menyampaikan terima kasih pada paguyuban kerapan kambing yang komitmen dalam melestarikan budaya kerapan kambing ke generasi muda dan masyarakat, karena melalui lomba yang diadakan ini menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sumenep.

“Masyarakat harus memfokuskan pada kekuatan tradisi, nilai seni dan keunikannya, bukan kepada yang lainnya agar tidak meruntuhkan dan mengotori semangat kerapan kambing,” pungkasnya.

  Sementara itu, lomba Kerapan Kambing yang merupakan bagian dari kegiatan kalender 2023 bertajuk Masa Kejayaan Kabupaten Sumenep di Desa Tanjung Kecamatan Saronggi, untuk golongan menang juara 1 (Putri Sinden Mama Yuniar dari Kabupaten Pamekasan), juara 2 (Bintang Pesawat Aba Warsit Bluto) dan juara 3 (Sabil Kades Didik Langsar).

Sedangkan golongan kalah sebagai juara 1 (Jet Mitik H. Sutkno Dungkek), juara 2.  Bintang Let Celet Supriadi Langsar) dan juara 3 (Batman Wahyu Sumenep).

Penulis     :    Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

 
ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- Apakah ada hubungannya menjaga UUD 1945 (Konstitusi) dengan menyelamatkan bumi? Apakah Mahkamah Konstitusi (MK) dengan menjadi the...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Laga Madura United FC vs PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Madura, Minggu (21/4/2024)...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Dengan banyaknya baliho yang disebar masyarakat di beberapa titik lokasi dengan mengusung Dr. dr. Kusnanto Saidi,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan tugu keris di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Pragaan,...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Persaingan menuju empat besar atau Champions Series di tiga sisa laga BRI Liga 1 2023-2024 semakin...

Komentar