Wabup Lumajang : Laporkan Jika Ada Praktek Jual Beli Rokok Tanpa Pita Cukai

Foto : Wabup Lumajang Indah Amperawati ( berdiri )
1101
ad

MEMOonline.co.id. Lumajang - Tekan peredaran rokok illegal di wilayahnya, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengajak masyarakat laporkan jika menemukan praktek jual beli rokok tanpa dilengkapi pita cukai.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri sosialisasi barang kena cukai di Kantor Kecamatan Rowokangkung, Lumajang, Selasa kemarin.

“Kalau bisa masyarakat juga membantu, karena kalau semua perusahaan olahan tembakau patuh pajak nanti juga akan kembali ke masyarakat manfaatnya,” jelas Bunda Indah, sapaan akrab Wakil Bupati Lumajang.

Wabup menyebut, masyarakat bisa membedakan rokok legal dan rokok ilegal, salah satunya dengan harga rokok. Rokok ilegal biasanya memiliki harga jauh lebih murah di bawah rokok legal.

“Biasanya yang bercukai sama yang tidak bercukai itu harganya selisih jauh, makanya harus hati-hati yang menjual dan membeli”, tambahnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Lumajang, Matali Bilogo menyebut, sosialisasi Barang Kena Cukai digelar untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat. Sehingga mereka tidak sembarangan membeli, mengonsumsi atau mengedarkan barang-barang yang tidak memiliki cukai resmi, seperti halnya rokok.

“Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat termasuk rokok ilegal, agar masyarakat paham dan mampu memberikan sumbangsih barang ilegal cukai yang ditemui di sekitarnya,” pungkas Mattali.

Sebagaimana aturan dalam perundang-undangan No 39 tahun 2007 di pasal 54 tentang Cukai menyebutkan, menawarkan atau menjual rokok polos atau rokok tanpa cukai terancam pidana penjara 1 sampai 5 tahun, dan/atau pidana denda 2 sampai 10 kali nilai cukai yang harus dibayar.

Penulis      :    Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Surabaya - Aksi pelaku penjambretan Hendphone milik seorang bocah berusia 9 tahun di depan rumah Jalan Pogot...

MEMOonline.co.id. Surabaya - Aksi pelaku pencurian Hendphone di Jalan Kalilom Gang Lebar Surabaya. Berhasil...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Opening Ceremony Festival Pelajar PC IPNU-IPPNU Sumenep yang digelar di Ruang PKK Rumah Dinas Bupati...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Setelah melakukan evaluasi terhadap sistem Electronic Traffic Law Enforcement...

MEMOonline.co.id. Bengkulu - Kasus penembakan Pimpinan Kantor Berita Politik Republik Merdeka atau RMOL Bengkulu...

Komentar