Intens Lakukan Penyuluhan, DKPP Sumenep Pastikan Wilayahnya Bebas Dari Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

Foto: Kepala DKPP Sumenep saat melakukan penyuluhan
531
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep& Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memastikan Sumenep terbebas dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Kondisi Perternakan diwilayah Kabupaten Sumenep sampai saat ini belum ada peternak sapi yang terjangkit PMK," kata Arif Firmanto, Kepala DKPP Sumenep.

Menurutnya, pengawasan terus dilakukan dalam rangka menjaga kondisi hewan tetap sehat.

"Setiap hari kami turun ke lapangan, hari ini kami melakukan pengecekan di Desa Lenteng Timur," jelas Arif.

Saat melakukan pengecekan, pihaknya juga mensosialisasikan akan asanya wabah penyakit PMK dan telah menyebar di wilayah Provinsi Jawa Timur. Sehingga peternak sapi, kambing dan kerbau dihimbau selalu waspada akan menularnya penyakit tersebut.

Selain itu, juga pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di kandang sapi untuk antisipasi adanya virus.

"Kami juga memberikan bantuan cairan disinfektan kepada pemilik kandang sapi," jelas dia.

Oleh sebab itu, pihaknya kedepan menekankan agar penyuluhan Sinas Peternakan Sumenep ditingkat kecamatan atau desa berkerjasama dengan TNI & Polri guna melakukan langkah pencegahan kepada peternak sapi kambing dan kerbau dengan melakukan penyemprotan desinfektan di kandang peternak dan pasar hewan.

"Agar PPL peternakan mengajak personil Polri yakni sat Binmas dan bhabinkamtibmas polsek jajaran untuk melakukan himbauan dan penyuluhan ditingkat desa dan pasar Hewan sasaran pedagang sapi agar meningkatkan pengawasan baik dari kebersihan pasar hewan dan kandang," tegas dia.

Penulis      :   Satrio

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Isma

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Komentar