Unik, Ponpes Gelar Upacara 17 Agustus Gunakan Pakaian Adat

Foto: KH. Linul Qolbih Hamzah pengasuh Pondok Pesantren Al Muhajirin Hidayatullah saat membuka upacara 17 Agustus 2020 di lapangan pondok 
1191
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tak hanya dilakukan oleh pemkab Bangkalan. Namun, Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Al Muhajirin juga melaksanakan upacara tersebut. Uniknya, pembina dan seluruh peserta mengenakan pakaian adat Madura. 

Upacara tersebut digelar di lingkungan ponpes yang terletak di Dusun Paserean Bawah Dusun Buduran Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, Senin (17/8/2020).

Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatullah Al Muhajirin, KH. Linul Qolbih Hamzah Hamyat mengatakan pihaknya mempersiapkan pelaksanaan upacara tersebut seminggu. Selain itu, penggunaan baju adat Sakera dan Marlena diakuinya sebagai bentuk kebanggaan terhadap budaya Madura. 

"Alhamdulillah upacara berjalan lancar. Kami menggunakan baju adat sebagai bentuk hormat dan bangga terhadap budaya Madura. Selain itu sosok Sakera juga salah satu pahlawan yang berjuang melawan belanda," ujarnya, Senin (17/8/2020).

Ia juga sangat mengapresiasi semangat para santri untuk melaksanakan upacara tersebut. Ia menyampaikan, santri juga berperan dan memiliki andil untuk meraih kemerdekaan RI pada masa itu. 

"Barisan santri pada masa itu juga memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Maka, kami juga tanamkan rasa cinta tanah air pada santri dan alhamdulillah antusiasnya luar biasa meski saat ini masa pandemi," lanjutnya. 

Selain melaksanakan upacara, pihaknya juga menggelar beberapa kegiatan diantaranya menampilkan drum band andalan Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin serta beberapa lomba berhadiahkan 3 sepeda motor. 

"Kami berharap, Ponpes kami semakin bermanfaat untuk masyarakat dan juga kami akan siap mengabdi untuk tanah air tercinta,Indonesia. Kami juga berharap pemerintah melibatkan kami dalam kegiatan kemasyarakatan karena kami siap mengabdi untuk NKRI," imbuhnya. (Yis)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- Rasa cemas saya pun sulit untuk sekedar diredakan, apalagi hendak dihilangkan, atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Komisi I DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, meminta Pemerintah Daerah setempat, mengusulkan lebih banyak Kuota CPNS dan...

MEMOonline.co.id- “Emergency! Sangat penting.” Itulah pesan saya terima dari asisten. Ia menyela meeting saya hari...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah digelar acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

Komentar