Unik ! Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Sumenep Peringati Hari Sumpah Pemuda di Atas Bukit

foto: peringatan sumpah pemuda di sumenep
467
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Bendera merah putih dikibarkan diatas bukit "Batu Ngandung". Pengebaran bendera itu dilakukan oleh siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) AL-Barokah, Desa Rombiya Timur Kecamatan Ganding, Sumenep, dalam rangka memperingati sumpah pemuda 2019.

Sebelum bendera di kibarkan, dari sekolah mereka menempuh ilmu berjalan kaki sekitar 2 KM ke bukit "Batu Ngandung". Dalam perjalanan, mereka sambil membaca shalawat secara seksama. Sesampainya di lokasi, mereka langsung membentangkan bendera seperti pergelaran upacara.

Mereka juga membaca ikrar Sumpah Pemuda. Sebab, Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

"Ini sebagai upaya kami untuk mengenalkan kondisi lingkungan, harapannya siswa bisa cinta lingkungan. Bagi kami ini hari sumpah pemuda momen yang sangat tepat," kata Ismail, salah satu guru pendamping.

Selain mengenalkan lingkungan, juga mendorong pemuda untuk melakukan penghijauan. Mengingat kondisi cuaca dunia semakin memanas.

"Maka dari itu kita banyak menanam pohon sbg rasa kecintaan terhadap lingkungan," tegasnya.

Kegiatan ini juga sebagai langkah dini pemersatu untuk mempertahankan kesatuan negara tercinta ini. "Kita mengajarkan kepada siswa untuk mengenal berbahasa Indonesia sebagai pemersatu sebagai wujud mempertahankan NKRI, meski kita berasal dari daerah pinggiran," tegasnya (Ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Bekasi - Seminar Nasional Digitalisasi Dunia Pendidikan yang digagas Forum Komunikasi Mahasiswa...

MEMOonline.co.id.Sumenep - Sebanyak 167 atlet asal Kabupaten Sumenep berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi...

MEMOonline.co.id.Sampang - Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi...

MEMOonline.co.id. KEPULAUAN SERIBU - Dewan Pimpinan Wilayah Srikandi Pemuda Pancasila DKI Jakarta selalu bergerak untuk mengembangkan dan...

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Dua atlet KONI Bangkalan dari cabang olahraga Sambo berhasil membawa dua medali...

Komentar