Percepat Program Pembangunan, Pemkab Bekasi Gelar Forum Perangkat Daerah

Foto: Acara Pembukaan Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Perencanaan Pembangunan Tahun 2019
506
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Selatan - Pemerintah Kabupaten Bekasi terus melakukan upaya melalui perencanaan pembangunan yang matang dan terintegrasi dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan yang dapat dirasakan masyarakat secara merata.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan peran dan kewenangan masing-masing dengan memperhatikan kondisi dan potensi yang ada serta dinamika perkembangan daerah guna mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Demikian disampaikan Plt. Bupati Bekasi yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi Pembangunan, Slamet Supriyadi, di acara Pembukaan Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Perencanaan Pembangunan Tahun 2019, di Hotel Holiday Inn, Jababeka-Cikarang Selatan, Rabu (20/2/2019).

Dikatakan, bahwa perencanaan pembangunan daerah terdiri dari beberapa tahapan. Dimulai dari musrenbang desa/ kelurahan, kecamatan, forum perangkat daerah dan Musrenbang kabupaten juga fasilitasi pemerintah provinsi hingga penetapan rencana kerja pemerintah daerah.

Oleh karena itu, diperlukan percepatan pembangunan yang dapat dirasakan secara merata pada seluruh wilayah Kabupaten Bekasi.

"Hal ini dimaksudkan agar tercipta hasil pembangunan yang merata di semua lini, guna tercapainya sumber daya manusia yang berkulitas," ucap Slamet.

Slamet menambahkan, rancangan awal rencana kerja perangkat daerah yang telah disusun diharapkan dapat dikritisi oleh seluruh peserta forum agar dapat diprioritaskan dan apa saja kegiatan yang benar-benar dapat mendukung terwujudnya visi dan misi periode 2017-2022.

Forum Perangkat Daerah memang sangat penting karena segala prioritas pelaksanaan kegiatan pembangunan harus berjalan selaras dengan maksud dan tujuan dari misi pembangunan Kepala Daerah.

Selain berpedoman pada RPJMD Kabupaten Bekasi 2017-2022 dan Rencana Strategis Perangkat Daerah 2017-2022, seluruh perangkat daerah juga harus menyusun rencana kerja yang bersinergi dengan tema tersebut. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan di tahun 2020 dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan.

“Melalui forum ini saya sangat berharap kepada seluruh perangkat daerah agar dapat merumuskan solusi terhadap berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi masyarakat,”ujarnya.

Masih Slamet, saat Musrenbang kecamatan sudah disampaikan berbagai masalah yang harus dirumuskan. Seperti kemacetan, pengelolaan sampah, kebutuhan air bersih, pengairan untuk persawahan, penanganan banjir dan pemenuhan kebutuhan lahan TPU juga termasuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan serta permasalahan lainnya.

“Solusi permasalahan tersebut diharapkan dapat dirumuskan dalam bentuk kegiatan dan selanjutnya dapat menjadi rencana kerja masing-masing perangkat daerah terkait,”jelasnya.

“Mengingat kemampuan APBD Kabupaten Bekasi yang jumlahnya relatif terbatas, agar program dan kegiatan pembangunan yang diusulkan pada tahun 2020 merupakan program yang benar-benar menjadi prioritas berdasarkan pada kebutuhan dan bukan berdasarkan kemauan,” pungkasnya. (Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sampang - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid...

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Pulang Kerumah Bapaknya di Jl. Darma Gang 1 No. 4 Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana...

MEMOonline.co.id, Bandung - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI Provinsi Jawa Barat resmi melaunching website smsijabar.com melalui...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Kepala Kepolisian Resort Lumajang Jawa Timur AKBP Deddy Fourry Millewa bersama anggotanya,...

Komentar