Menelisik Kampung Warna Warni Ala PKMM Wiraraja Sumenep di Desa Pinggirpapas

Foto: Kampung Warna Wani di Desa Pinggirpapas, Kalianget, Sumenep
935
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Sejumlah mahasiswa fakultas teknik universitas wiraraja yang tergabung dalam program kreatifitas mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKMM) melakukan serta menerapkan konsep penataan lingkungan berwawasan 4 ECO (Ecocreative, Ecogreen, Ecocultural serta Ecotourism) di Desa Pinggirpapas, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Minggu (15/7/2018).

PKMM yang direncanakan (Juni – Juli 2018) dilakukan, untuk aksi perubahan di daerah itu. Sebab di Desa Pinggirpapas, belum ada konsep penataan lingkungan, yang menunjang tercipyanya destinasi wisata baru di kampung warna itu.

“Di Desa Pinggirpapas, sampah kita musnahkan, tata kelola lingkungan kita perbaiki, pola pikir masyarakat kita ubah, kegiatan-kegiatan kebudayaan kita publikasikan, demi terciptanya kampung warna-warni. Itu target yang kita harapkan,” ungkap Nauvan sebagai ketua pelaksana PKM bidang pengabdian masyarakat.

Untuk mencapai target tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan, perlu adanya dukungan serta kesadaran dari warga desa tersebut.

“Sebagai warga, kita sangat mengapresiasi terhadap kegiatan seperti itu, semoga setelah diadakannya kegiatan ini, warga disini memilki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan,” kata Pak Suhrawi, selaku Sekretaris Desa Pinggirpapas.

Sementara beberapa kegiatan yang dilakukan guna mencapai terget diantaranya: sosialisasi tentang penataan lingkungan yang bertempat di balai desa dan dihadiri oleh aparatur desa dan warga sekitar.

Penerapan konsep 4 ECO pada salah satu sampel lokasi  guna dapat dijadikan sebagai percontohan dari masyarakat desa pinggirpapas. (red)

Penulis : Muhammad Kurnia Akbar (Mahasiswa Wiraraja Sumenep)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Madura United memang harus melakukan sejumlah hal untuk segera melakukan pembenahan setelah mereka...

MEMOonline.co.id. Jember - Lanjut usia (lansia) ini hidup sebatang kara. Ia nelangsa, selama pandemi COVID-19 belum pernah menerima bantuan...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Komandan Korem (Danrem) 084 Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Widjanarko, berikan pengarahan kepada prajurit Kodim 0826...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Forkopimka Kecamatan Pademawu bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) sosialisasikan Penyakit Mulut...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Kekosongan salah satu kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah...

Komentar