Melewati Medan Pegunungan, Kapolres Lumajang Bantu Warga Terdampak Kekeringan

Foto: Pemberian air bersih secara simbolis oleh Kapolres Lumajang, di dampingi Kasat Lantas dan Kades Kedawung
143
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - Kepala Kepolisian Resort Lumajang Jawa Timur AKBP Deddy Foury Millewa S.H S.I.K M.I.K mempimpin kegiatan sosial pendistribusian air bersih pada warga terdampak kekeringan, di Dusun Krajan Jabon Desa Kewadung Kecamatan Padang, Senin (7/9/2020).

Melewati medan pegunungan (naik, turun), saat itu rombongan beriringan perlahan hingga sampai dilokasi tujuan.

Turut mendampingi saat itu, Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Putu Angga Feriana beserta anggota, Dishub Lumajang, berikut Kapolsek Padang, Pemdes juga Babinsa setempat.

Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagaimana merupakan rangkaian dalam peringatan hari jadi Polisi Lalu Lintas ke 65, dalam tajuk Polri Berbagi.

Sosialisasi terkait aturan pemerintah dalam ranah pencegah penyebaran virus Corona, menjadi bagian dalam pelaksanaan giat.

Kapolres juga mengapresiasi, warga kompak semangat menjawab tidak ada, ketika ditanya adakah yang terkena virus Corona.

"Saya apresiasi kepala desa, yang sudah melakukan rangkaian giat dalam upaya mendukung pemerintah, memangkas penyebaran virus coran / covid 19," ucap Kapolres.

"Saya minta, warga disini semua kompak. Jangan sampai ditengah situasi pandemi ini, timbul komplotan - komplotan fitnah yang memperkeruh situasi sehingga tidak mendukung apa yang namanya program pemerintah," imbuh dia. 

Selebihnya, Kapolres mengutarakan sesuai anjuran presiden RI dan penekanan Kapolda Jatim, pihaknya meminta warga untuk sedianya lebih sehat lagi, dalam mengadapi, lebih mampu lagi dalam menghadapi wabah covid saat ini dengan mampu dan percaya diri terhadap apa terjadi dengan cara simple yakni menggunakan masker.

"Saya berharap semua warga disini mau memakai masker. Karena pakai masker bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona / covid 19. Memakai masker merupakan budaya baru saat ini," tukas Kapolres.

Terkait kekeringan, Kapolres Lumajang turut merasa prihatin. Kata dia ada enam Kecamatan dan dua puluh dua desa yang mengalami hal serupa. 

"Kita akan antisipasi terus dan kita akan saling isi dan berbagi, bagaimana solusi agar masyarakat nantinya lebih mudah, mengatasinya ditengah pandemi saat ini. Dalam giat ini kami juga membagikan masker pada warga. Dan hal ini akan kami lakukan secara berkelanjutan," pungkasnya.

Diwaktu yang sama, Bawon Kepala Desa Kedawung menuturkan, rasa terima kasih atas apa yang dilakukan oleh polres Lumajang.

Ia mengakui, jika selama ini warganya kesulitan memperoleh air bersih guna mencukupi keperluan sehari - hari. Kata Bawon, warga harus membeli air dalam kuota tangki dan itupun mahal. Sehingga membuat, separoh dari penghasilan warganya habis untuk membeli air saja guna bertahan hidup.

Ditanya sejauh mana kepedulian pemerintah, Bawon menjawab ada sebelumnya tandon air dan itu sudah lama sehingga saat ini kondisinya sudah rusak.

"Mudah - mudahan, dari kabupaten nanti ada yang terbuka. Bagaimana mengatasi kesulitan air di Desa Kedawung ini. Ada bantuan tandon air dari BPBD, dari Baznas cuman terbatas, dan wujudnya sekarang sudah hancur bertahan paling tiga tahun," imbuh Kades. (Her/red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Pemerintah Kabupaten Pamekasan bersama TNI-Polri melaunching Team Mobile Covid-19...

MEMOonline.co.id, Sumenep -  Proses pencarian terhadap korban nelayan hilang akhirnya membuahkan hasil....

MEMOonline.co.id, Sumenep - Masyarakat Kabupaten Sumenep, khususnya di Kecamatan Gapura digegerkan oleh penemuan sesosok bayi...

MEMOonline.co.id, Toba - Pemimpin tertinggi (Eporus) pertama Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Dr. I. L. Nommensen yang dimakamkan di komplek...

MEMOonline.co.id, Jember -  Dalam ulang tahunnnya yang ke 75 Palang Merah  Indonesia (PMI) terus  berjuang...

Komentar