Tak Peduli Jarak Tempuh, Siswa Pesantren di Sumenep Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Pemancar

Foto: pengibaran sang saka merah putih oleh siswa salah satu pesantren di sumenenp
374
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Lembaga Pendidikan Pesantren (LPP) Nurul Ulum, Dusun Topoar, Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep memiliki cara sendiri dalam memperingati HUT RI ke 75.

Meski peringatan HUT RI harus digelar di tengah pendemi virus corona. Puluhan siswa sekolah tersebut tetap bersemangat memaknai hari kemerdekaan bangsa yang sakral ini.

Ya, mereka memeriahkan HUT RI tahun ini dengan cara mengibarkan bendera merah putih di ketinggian Puncak Pemancar di perbatasan Desa Moncek Timur dan Moncek Barat, Kecamatan Lenteng.

Uniknya, agar bisa mengibarkan bendera di Puncak Pemancar itu, mereka melakukan perjalanan dan pendakian bukit selama kurang lebih 3 jam.

"Kami memulai kegiatan ini dengan menggelar upacara HUT RI di halaman madrasah bersama dewan guru dan masyarakat, setelah itu baru berangkat bersama-sama ke lokasi pengibaran bendera," kata Pembina Pramuka LPP Nurul Ulum, Kholilurrahman, Senin (17/8/2020).

Menurut Kholil, long march ke puncak Pamancar yang berjarak lebih dari 6 km dari lokasi Madrasah bertujuan mengenang para perjuang dan para pahlawan bangsa yang telah gigih dalam meraih kemerdekaan.

"Kami ingin menanamkan nilai-nilai perjuangan pada anak didik kami, agar mereka mengerti bagaimana susahnya bangsa ini meraih kemerdekaan yang sudah kita nikmati sekarang," ujarnya.

Untuk itu, selama perjalanan ke puncak Pemancar, puluhan siswa berseragan Pramuka lengkap itu juga diberi nilai-nilai nasionalisme dan wawasan NKRI melalui materi-materi kebangsaan yang diberikan oleh panitia di setiap pos.

"Selain itu, melalui kegiatan ini kami ingin menanamkan semangat dan tradisi kerja keras kepada anak-anak, bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan mudah,” tegas guru tugas dari Ponpes Sumber Mas ini.

Untuk diketahui, LPP Nurul Ulum sendiri merupakan lembaga pendidikan swasta berbasis pesantren yang berada di pelosok Desa Karduluk. Namun demikian, lembaga ini memiliki banyak program unggulan dan begitu aktif di berbagai kegiatan.

"Insyaallah setiap tahun kita rutin memperingati HUT RI demi menanamkan nasionalisme pada anak didik. Selain upacara dan pengibaran bendera, nanti malam kita akan gelar istigasah yang akan di tempatkan di halaman madrasah," tandasnya. (Rozy/Red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Bekasi - Seminar Nasional Digitalisasi Dunia Pendidikan yang digagas Forum Komunikasi Mahasiswa...

MEMOonline.co.id.Sumenep - Sebanyak 167 atlet asal Kabupaten Sumenep berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi...

MEMOonline.co.id.Sampang - Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi...

MEMOonline.co.id. KEPULAUAN SERIBU - Dewan Pimpinan Wilayah Srikandi Pemuda Pancasila DKI Jakarta selalu bergerak untuk mengembangkan dan...

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Dua atlet KONI Bangkalan dari cabang olahraga Sambo berhasil membawa dua medali...

Komentar