Tak Peduli Jarak Tempuh, Siswa Pesantren di Sumenep Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Pemancar

Foto: pengibaran sang saka merah putih oleh siswa salah satu pesantren di sumenenp
641
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Lembaga Pendidikan Pesantren (LPP) Nurul Ulum, Dusun Topoar, Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep memiliki cara sendiri dalam memperingati HUT RI ke 75.

Meski peringatan HUT RI harus digelar di tengah pendemi virus corona. Puluhan siswa sekolah tersebut tetap bersemangat memaknai hari kemerdekaan bangsa yang sakral ini.

Ya, mereka memeriahkan HUT RI tahun ini dengan cara mengibarkan bendera merah putih di ketinggian Puncak Pemancar di perbatasan Desa Moncek Timur dan Moncek Barat, Kecamatan Lenteng.

Uniknya, agar bisa mengibarkan bendera di Puncak Pemancar itu, mereka melakukan perjalanan dan pendakian bukit selama kurang lebih 3 jam.

"Kami memulai kegiatan ini dengan menggelar upacara HUT RI di halaman madrasah bersama dewan guru dan masyarakat, setelah itu baru berangkat bersama-sama ke lokasi pengibaran bendera," kata Pembina Pramuka LPP Nurul Ulum, Kholilurrahman, Senin (17/8/2020).

Menurut Kholil, long march ke puncak Pamancar yang berjarak lebih dari 6 km dari lokasi Madrasah bertujuan mengenang para perjuang dan para pahlawan bangsa yang telah gigih dalam meraih kemerdekaan.

"Kami ingin menanamkan nilai-nilai perjuangan pada anak didik kami, agar mereka mengerti bagaimana susahnya bangsa ini meraih kemerdekaan yang sudah kita nikmati sekarang," ujarnya.

Untuk itu, selama perjalanan ke puncak Pemancar, puluhan siswa berseragan Pramuka lengkap itu juga diberi nilai-nilai nasionalisme dan wawasan NKRI melalui materi-materi kebangsaan yang diberikan oleh panitia di setiap pos.

"Selain itu, melalui kegiatan ini kami ingin menanamkan semangat dan tradisi kerja keras kepada anak-anak, bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan mudah,” tegas guru tugas dari Ponpes Sumber Mas ini.

Untuk diketahui, LPP Nurul Ulum sendiri merupakan lembaga pendidikan swasta berbasis pesantren yang berada di pelosok Desa Karduluk. Namun demikian, lembaga ini memiliki banyak program unggulan dan begitu aktif di berbagai kegiatan.

"Insyaallah setiap tahun kita rutin memperingati HUT RI demi menanamkan nasionalisme pada anak didik. Selain upacara dan pengibaran bendera, nanti malam kita akan gelar istigasah yang akan di tempatkan di halaman madrasah," tandasnya. (Rozy/Red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ramadhan berkah, Serikat Media siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Sumenep berbagi takjil puasa untuk para abang becak dan...

MEMOonline.co.id, Jember- Suasana kegembiraan menyelimuti halaman SMK Islam Bustanul Ulum (IBU) saat acara Pondok Ramadhan....

Komentar