DAK Belum Cair, Pembangunan Renovasi Sekolah di Bangkalan Belum Dikerjakan

Foto : Kepala Disdik Bangkalan, Bambang Budi Mustika 
94
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Proses realisasi perbaikan sekolah dengan dana alokasi khusus (DAK) hingga kini belum cair. Sehingga, perbaikan yang rencananya dilakukan di 48 sekolah dasar hingga kini belum ada pengerjaan. 

Kesi kelembagaan Sarana dan Prasarana (sarpras) SD Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, Moh Toha mengatakan, beberapa tahapan telah dilakukan. Saat ini, proses tahapan sudah masuk dalam pengajuan anggaran. 

"Proses pemberkasan dan lainnya sudah. sekarang kita menunggu acc anggaran. Jika disetujui maka kita bisa cairkan dan pengerjaan bisa mulai dilakukan," tuturnya, Minggu (12/7/2020). 

Meski begitu, Toha belum bisa memastikan waktu pengerjaan bisa dimulai kapan. Sebab, pencairan tersebut merupakan kewenangan pusat. Namun, pihaknya telah menyelesaikan proses pengajuan. 

"Minggu ini selesai dan proses pengajuan sudah tinggal menunggu juknis lebih lanjut," tambahnya. 

Sementara itu, untuk perbaikan yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) saat ini sudah dalam tahap pengerjaan. Diketahui, sebanyak 22 sekolah mendapat bantuan renovasi dari dana DAU. 

"Total ada 70 sekolah dengan anggaran Rp 12,8 miliar. Rinciannya, DAK sebanyak Rp 8,7 miliar untuk 48 sekolah serta DAU sebanyak Rp 4,1 Miliar untuk 22 sekolah," pungkasnya. (yis)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep - Salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Jember - Perseteruan antara ayah tiri dan anak kembali terjadi. Motif dari pertengkaran ini dipicu karena harta...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, meminta pramuka untuk tetap...

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Wisata alam Coban Talun telah dibuka kembali mulai 18 Juli 2020 dengan menerapkan protokol...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Demi memverikan waduh kepada para wartawan khususnya bertugas di wilayah...

Komentar